OPINI

ARTIKEL

KHASANAH

MOZAIK

NASIONAL

INTERNATIONAL

.

.

Selasa, 07 Maret 2023

Mengenal Australian National University, Salah Satu Kampus Terbaik Dunia yang Mengundang Anies Beri Kuliah Umum

Mengenal Australian National University, Salah Satu Kampus Terbaik Dunia yang Mengundang Anies Beri Kuliah Umum



 

10Berita, Bakal Calon Presiden Indonesia Anies Baswedan kembali memberikan kuliah umum di luar negeri. Kali ini di Kampus Australian National University (ANU).

“Kembali ke Australian National University di Canberra. Kemarin sore memberikan kuliah umum di ST Lee Annual Lecture, Crawford School of Public Policy di Australian National University, Canberra,” tulis Anies Baswedan dikutip KBA News dari Instagram resminya, Selasa, 7 Maret 2023.
 
Salah Satu Kampus Terbaik di Dunia

Dikutip dari Wikipedia, Australian National University atau ANU adalah sebuah universitas yang terletak di Canberra, ibu kota Australia. Universitas ini memiliki tujuh fakultas utama dan beberapa institut yang lain.

Dianggap sebagai salah satu universitas terbaik di dunia, ANU diberi peringkat ke-23 dari 200 universitas terbaik di dunia oleh Times Higher Education Supplement dan juga Peringkat universitas dunia QS.

Selain itu dalam tangga yang sama, ANU juga menduduki peringkat 10 untuk kesenian dan ilmu kemanusiaan.

Pertama kali didirikan pada tahun 1946 oleh Parlemen Australia. Awalnya universitas ini hanya dibuka untuk mereka yang ingin melanjutkan jenjang pendidikan S2.

Barulah pada tahun 1960 universitas ini melakukan pengembangan secara fisik dan membuka pendaftaran untuk jenjang pendidikan S1. ANU juga merupakan bagian dari group of eight.

Anies Baswedan mengatakan, dalam kuliah umum ini, ia membahas soal bagaimana memastikan bahwa proses teknokrasi di pemerintahan dibuat sinkron dengan proses demokrasi.

“Kami tiba disambut oleh Rektor ANU, Dekan dan beberapa dosen senior di kampus ini,” jelas mantan Rektor Universitas Paramadina itu.

Menurut Anies Baswedan, di gedung kuliah umum yang cukup besar tersebut, dipenuhi dengan mahasiswa dan dosen dari berbagai fakultas.

Ia pun mengaku senang dengan agenda tersebut karena sangat bermanfaat. “Senang sekali bisa jumpa lagi dengan begitu banyak teman lama, para dosen dan peneliti di ANU,” ujarnya.

Sumber: kba