Semakin Banyak Generasi Milenial dan Gen Z Beralih Mendukung Anies
1Berita - Fenomena itu kini terasa makin nyata. Makin banyak generasi milenial dan Gen Z mendukung Anies. Mereka yang biasanya kurang berminat pada politik sekarang makin menunjukkan ketertarikannya. Mereka merasakan hiruk-pikuk politik dan akhirnya mengikuti. Setelah itu mereka menentukan pilihan. Kecenderungan mereka adalah kepada Capres Anies Rasyid Baswedan.
Pengamat Media Sosial dan Pegiat Youtuber Rudi Wirawan Rusli menyatakan hal itu kepada KBA News, Sabtu, 11 Maret 2023. “Ini perkembangan yang cukup baik. Mereka yang dulunya cenderung netral dan tidak perduli politik sekarang sudah pembuka matanya. Setelah mereka menimbang secara matang pilihan mereka jatuh ke Anies.”
Secara umum diketahui generasi milenial adalah mereka yang berusia sekitar 40 tahun. Sedangkan Generasi (Gen) Z adalah mereka yang akan pertama kali memilih pada Pemilu 2024. Umumnya usia mereka sekitar 20 tahunan. Kedua istilah itu merujuk kepada generasi muda yang terpelajar dan moderen.
Bincang Santai
Rudi bercerita, Jumat 10 Maret 2023, dia berkesempatan sarapan bubur bareng dengan salah seorang anggota Komisioner OJK di ruangan kantornya di Jakarta. “Dari perbincangan santai terucap oleh beliau bahwa anaknya dan teman-temannya nya yang milenial awalnya anti Anies. Tetapi kini malah berbalik pro Anies dan akan memilih Mantan Gubernur DKI Jakarta itu dalam Pilpres mendatang.
Perubahan sikap itu, kata praktisi pasar modal tersebut, terjadi setelah menyadari berita-berita yang mereka terima sebelumnya ternyata hanyalah framing dan hoax semata. “Dulu mereka percaya tanpa mengecek dan menyelidiki keberanannya. Kini setelah melihat bukti-bukti rekam jejak Anies maka mereka jadi pro Anies,” kata Rudi yang juga Ketua Umum Simpul Relawan Anies Baswedan for RI 1 (ABRI-1) itu.
Ditambahkan oleh Alumni Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya Malang itu, begitu juga halnya dengan anaknya yang Gen Z dan baru saja lulus dari Monash University di Melbourne, Australia mengatakan hal yg sama. “Menurut dia, framing jahat itu sudah keterlaluan. Dia jadi curiga dan mengecek sendiri. Ternyata ada kesengajaan menjelek-jelekkan Anies.”
Menurutnya, karena generasi milenial dan Gen Z sangat gadget friendly maka cara tercepat menjangkau mereka adalah melalui digital marketing. “ABRI-1 juga sudah membuat program untuk sosialisasi dengan membuat dan menciptakan Digital GAMES yang disukai oleh Milenials & Gen z namun masih terkendala pendanaannya.”
Mudah2an masalah pendanaan ini bisa diatasi. Sehingga kita yang pertama kali melakukan kampanye melalui media Digital Online. “Semoga Tim Anies bisa tindak lanjuti permasalahan tersebut,” demikian Rudi Wirawan Rusli.
Sumber: kba