OPINI

ARTIKEL

KHASANAH

MOZAIK

NASIONAL

INTERNATIONAL

.

.

Jumat, 01 Maret 2024

12 Keutamaan Sedekah

12 Keutamaan Sedekah


10Berita, BEGITU banyak balasan yang Allah berikan bagi orang-orang yang gemar bersedekah. Untuk mengetahui lebih jelasnya, berikut ini akan dijelaskan keutamaan-keutamaan sedekah

Adapun keutamaan sedekah berdasarkan Al-Qur’an dan Hadits diantaranya:

1- Keutamaan Sedekah: Orang-orang yang bersedekah akan dilipatgandakan pahalanya oleh Allah SWT

Allah Ta’ala berfirman yang artinya: “Sesungguhnya orang-orang yang bersedekah baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah dengan pinjaman yang baik, niscaya akan dilipatgandakan (pahalanya) kepada mereka dan bagi mereka pahala yang banyak.“ (QS. Al-Hadid: 18)

Dalam sebuah hadits Qudsi dikatakan yang artinya: “Barang siapa berniat untuk bersedekah, kecepatan Allah membalasnya lebih dari gerakan sedekahnya.“

Allah berfirman yang artinya: “Perumpamaan orang-orang yang mendermakan (shodaqoh) harta bendanya di jalan Allah, seperti (orang yang menanam) sebutir biji yang menumbuhkan tujuh untai dan tiap-tiap untai terdapat seratus biji dan Allah melipat gandakan (balasan) kepada orang yang dikehendaki, dan Allah Maha Luas (anugrah-Nya) lagi Maha Mengetahui.“ (QS. Al-Baqoroh: 261)


2- Keutamaan Sedekah: Sedekah Dapat Menghapuskan Dosa-dosa

Nabi ﷺ bersabda: “Sedekah itu dapat menghapus dosa sebagaimana air itu memadamkan api.” (HR. At-Tirmidzi)

Akan tetapi, bukan berarti dosa-dosa akan terhapuskan begitu saja tanpa disertai dengan taubat dan perbuatan-perbuatan yang baik. Seperti halnya orang-orang yang mendapatkan hartanya dari jalan yang salah atau diharamkan (tidak halal), harta yang diperoleh dari hasil riba ataupun perbuatan maksiat. Tentu tidak akan dapat menghapuskan dosa-dosa yang dimiliki.

3- Keutamaan Sedekah: Sedekah Dapat Memisahkan Diri Dari Neraka

Nabi ﷺ bersabda: “Bersedekahlah kamu sekalian, karena sesungguhnya sedekah itu pemisah dari neraka.“

Bersedekah itu tidak harus dengan uang, jika memiliki makanan, pakaian, atau hal apapun yang bisa bermanfa’at untuk orang lain juga termasuk sedekah.

4- Keutamaan Sedekah: Orang Yang Bersedekah Akan Mendapat Naungan Pada Hari Akhir (Kiamat)

Salah satu jenis manusia yang akan mendapatkan naungan pada hari akhir yakni orang yang gemar bersedekah. Namun ia menyembunyikannya dari tangan kirinya.

Nabi ﷺ bersabda: “Seorang yang bersedekah dengan tangan kanannya, maka ia menyembunyikan amalnya itu sampai tangan kirinya tidak mengetahui apa yang disedekahkan oleh tangan kanannya.“ (HR. Bukhari)


Foto: Unsplash

5- Keutamaan Sedekah: Sedekah Dapat Memadamkan Panasnya Alam Kubur

Nabi ﷺ bersabda: “Sesungguhnya sedekah itu benar-benar akan dapat memadamkan panasnya alam kubur bagi penghuninya, dan orang mukmin akan bernaung dibawah bayang-bayang sedekahnya.“ (HR. At-Thabrani)

6- Keutamaan Sedekah: Sedekah Merupakan Salah Satu Amal Yang Tidak Putus Sampai Mati

Diriwayatkan dari Abu Hurairah ra, bahwa Nabi ﷺ bersabda: “Apabila anak cucu Adam itu mati, maka terputuslah semua amalnya, kecuali tiga perkara yaitu: Shodaqoh jariyah, anak yang sholeh yang memohonkan ampunan untuknya (Ibu dan bapaknya) dan ilmu yang berguna setelahnya.“

7- Keutamaan Sedekah: Sedekah Dapat Memanjangkan Umur

Nabi ﷺ bersabda: “Sesungguhnya sedekahnya orang muslim itu dapat menambah umurnya, dapat mencegah kematian yang buruk (su’ul khotimah), Allah akan menghilangkan darinya sifat sombong, kefakiran dan sifat bangga pada diri sendiri.“ (HR. At-Thabrani)

Dalam sebuah hadits dikatakan:

“Sesungguhnya di dalam sedekah-sedekah itu ada lima perkara: •Sedekah itu bisa menambah harta kekayaan mereka •Menjadi obat penyakit •Allah akan menghindarkan bahaya dari mereka •Mereka akan melewati jembatan shiratal mustaqim seperti halilintar yang menyambar •Mereka akan masuk kedalam surga tanpa dihisab dan disiksa.”

8- Keutamaan Sedekah: Sedekah Dapat Menambah Harta Kekayaan

Jangan takut berkurangnya rezeki karena bersedekah. Karena sedekah itu akan meluaskan, melapangkan dan membuka pintu rezeki.

Nabi bersabda: “Tidak akan berkurang rezeki orang yang bersedekah, kecuali bertambah, bertambah dan bertambah.“

Allah SWT berfirman: “Apapun harta yang kalian infakkan maka Allah pasti akan menggantikannya, dan Dia adalah sebaik-baik pemberi rezeki.“ (QS. Saba: 39)

9- Keutamaan Sedekah: Sedekah Dapat Mengobati Penyakit

Dengan bersedekah Insya Allah dapat menyembuhkan berbagai penyakit hati. Karena sedekah itu dapat membersihkan hati dan pikiran, dan atas seizin-Nya Allah akan ringankan dan menyembuhkan penyakit-penyakit orang-orang yang gemar bersedekah.

Rasulullah Keutamaan Sedekah bersabda: “Obatilah orang-orang yang sakit di antara kalian dengan bersedekah.“

10- Keutamaan Sedekah: Sedekah dapat menghindarkan dari segala bala’ (marabahaya)

Sedekah itu merupakan penolak bala’, penyubur pahala, menahan musibah dan kejahatan serta rezeki yang dilipat gandakan oleh Allah SWT.

Rasulullah Keutamaan Sedekah bersabda: “Bersegeralah untuk bersedekah. Karena musibah dan bencana tidak bisa mendahului sedekah.“

Dan lagi Nabi ﷺ bersabda: “Asshodaqotu tasuddu sab’iina baaban minas suu-i” artinya: “Shodaqoh itu menutup tujuh puluh pintu kejahatan.“

11- Keutamaan Sedekah: Orang yang bersedekah akan melewati jembatan shiratal mustaqim dengan cepat

Jembatan shiratal mustaqim itu bagaikan rambut terbelah menjadi tujuh yang tajamnya melebihi silet, lebih tajam dari pedang, licin dan berduri. Jembatan ini berujung pada surga dan dibawahnya adalah neraka.

Tak banyak manusia yang bisa melewatinya hanya dengan seperti kedipan mata, seperti halilintar yang menyambar. Oleh karenanya, perbanyaklah bersedekah karena sedekah merupakan salah satu perbuatan dan amalan yang dapat menyelamatkan manusia pada hari akhir (kiamat).


Foto: Unsplash

12- Keutamaan Sedekah: Orang yang bersedekah akan dimasukkan kedalam surga tanpa hisab dan siksa

Sedekah yang dimaksud adalah sedekah yang penuh keikhlasan, tidak diumbar-umbar dengan sifat kesombongan dan niatnya hanya karena Allah Ta’ala. Insya Allah, akan membukakan pintu surga bagi orang-orang yang gemar bersedekah karena Allah.


Ada empat macam pembalasan sedekah, yaitu:

• Sedekah yang dibalas dengan sepuluh kali lipat ialah sedekah yang diberikan kepada para fakir miskin.
• Sedekah yang dibalas dengan tujuh puluh kali lipat ialah sedekah yang diberikan kepada sanak famili.
• Sedekah yang dibalas dengan tujuh ratus kali lipat ialah sedekah yang diberikan kepada teman-teman.
• Sedekah yang dibalas dengan seribu kali lipat ialah sedekah yang diberikan kepada para penuntut ilmu.

Demikianlah pembahasan mengenai Keutamaan Sedekah Berdasarkan Al-Qur’an dan Hadits semoga dapat memberikan motivasi-baik kepada kita para Muslim dan Muslimah untuk gemar bersedekah walau hanya sedikit, lakukanlah secara terus-menerus karena shodaqoh jariyah tak akan pernah putus sampai kita mati. Wallahu A’lam. []

Sumber: (Ihya Ulumuddin dan Durratun Nasihin) |