OPINI

ARTIKEL

KHASANAH

MOZAIK

NASIONAL

INTERNATIONAL

.

.

Rabu, 31 Juli 2024

BERITA TERKINI: Ismail Haniyah dan Pengawalnya Syahid di Iran

BERITA TERKINI: Ismail Haniyah dan Pengawalnya Syahid di Iran



Foto: Middle East Eye

10Berita – Ismail Haniyah, kepala biro politik Hamas, telah dibunuh di Teheran, menurut pernyataan resmi Hamas yang dirilis pada Rabu (31/7/2024) pagi.

Hamas mengatakan bahwa Haniyah “meninggal akibat serangan licik Zionis di kediamannya di Teheran.” Hingga kini ‘Israel’ belum berkomentar.

Kantor Berita Iran melaporkan bahwa salah satu pengawal Haniyah juga terbunuh setelah kediaman mereka di ibu kota menjadi sasaran.

Dalam pernyataan lain, Garda Revolusi Iran mengatakan bahwa mereka akan menyelidiki insiden tersebut: “Kami sedang mempelajari dimensi insiden kesyahidan Haniyah di Teheran.”

Haniyah melakukan perjalanan ke Teheran untuk menghadiri pelantikan Presiden Iran Masoud Pezeshkian pada hari Selasa.

Pejabat senior Hamas Musa Abu Marzouk mengatakan serangan itu “adalah tindakan pengecut dan sia-sia,” ia juga menambahkan bahwa “Hamas adalah sebuah institusi dan ideologi yang tidak akan terpengaruh oleh pembunuhan salah satu pemimpinnya.”

Sejak dimulainya genosida ‘Israel’ di Gaza, lebih dari 60 anggota keluarga Haniyah syahid dalam serangan ‘Israel’, termasuk saudara perempuannya, tiga putranya, dan tiga cucunya. Pada bulan April, ia berkata, “Melalui darah para syuhada dan rasa sakit orang yang terluka, kita menciptakan harapan, kita menciptakan masa depan, kita menciptakan kemerdekaan dan kebebasan bagi rakyat dan negara kita.” (Middle East Eye)