OPINI

ARTIKEL

KHASANAH

MOZAIK

NASIONAL

INTERNATIONAL

.

.

Senin, 10 April 2017

Ini Alasan Sebenarnya Syiah Assad Bombardir Khan Sheikhoun Dengan Senjata Kimia

Ini Alasan Sebenarnya Syiah Assad Bombardir Khan Sheikhoun Dengan Senjata Kimia

10Berita – Surat kabar lokal Iran menuding pasukan Garda Revolusi Syiah ikut berpartisipasi dalam pembantaian kota Khan Sheikhoun di provinsi Idlib pada hari Selasa (4/04), seperti dilaporkan Amed News dalam terbitannya akhir pekan kemarin.

Untuk pertama kalinya rezim Syiah Teheran mengutuk serangan kimia yang terjadi di kota Khan Sheikhoun. Ini adalah kejutan sejak peperangan di Suriah berlangsung sejak tahun 2011 lalu, tulis media yang kerap mendapatkan bocoran dari sumber-sumber tinggi pemerintah.

Menurut Amed News, pernyataan Kementerian Luar Negeri Iran melalui jubir Bahram Ghasemi mengenai penggunaan senjata kimia di kota Khan Sheikhoun adalah sebuah pengakuan implisit dari Teheran mengenai keterlibatan rezim Syiah Bashar al-Assad.

Garda Revolusi Syiah Terlibat?

Informasi yang dikatakan sumber terpercaya pemerintah Syiah Teheran mengatakan bahwa serangan kimia di Khan Shaikhoun pada dasarnya adalah untuk melindungi pasukan darat Iran dan milisi Hizbullah, yang berada hanya berjarak beberapa kilometer dari tempat pemboman.

Dalam peta di bawah nampak keberadaan milisi Syiah Hizbullah dan pasukan Garda Revolusi Iran dengan warna merah, hanya berjarak beberapa kilometer dari kota Khan Sheikhoun yang dilingkari warna hitam. (Rassd/Ram)

Gambar peta:

Sumber: Eramuslim