OPINI

ARTIKEL

KHASANAH

MOZAIK

NASIONAL

INTERNATIONAL

.

.

Kamis, 13 April 2017

Sensus Terbaru Ungkap Jumlah Pengungsi Suriah Capai 4,6% Total Penduduk Turki

Sensus Terbaru Ungkap Jumlah Pengungsi Suriah Capai 4,6% Total Penduduk Turki

Hasil gambar untuk pengungsi di turki

10Berita – Direktur penelitian imigrasi dan politik di Hacettepe University, Murad Erdogan, mengatakan bahwa di awal tahun 2017 ini jumlah pengungsi di Turki melebihi angkat 3,6 juta jiwa. Dan sebagian besar berasal dari Suriah.

“Data jumlah pengungsi hari ini mencapai angka 4,6% dari keseluruhan populasi penduduk Turki,” ujar Murad Erdogan dalam konferensi di ibukota Ankara bertema ‘Migrasi dari masa lalu sampai sekarang’.

Seperti dikutip kantor berita Anatolia dari pejabat tinggi Turki mengatakan bahwa jumlah ini dinilai wajar karena negaranya membuka pintu selebar-lebarnya bagi warga sipil dari tetangga yang melarikan diri akibat perang.

Pejabat tersebut melanjutkan, “Data terbaru menyatakan bahwa jumlah warga sipil yang melarikan diri menghindari kekejaman Syiah Bashar al Assad melebihi angka 6 juta orang, dan 80% diantaranya mengungsi ke negara-negara tetangga Suriah.”

Berbeda dengan data yang disajikan Murad Erdogan, pejabat yang minta dirahasiakan identitasnya mengatakan Turki menjadi tuan bagi 3,2 juta warga Suriah, atau setara dengan 52% dari total jumlah pengungsi Suriah di seluruh dunia.

“Ada 400 ribu anak-anak berumur dibawah 4 tahun, dan sekitar 200 ribu lebih bayi telah lahir di Turki sejak tahun 2011,” tambahnya. (Rassd/Ram)

Sumber: Eramuslim