OPINI

ARTIKEL

KHASANAH

MOZAIK

NASIONAL

INTERNATIONAL

.

.

Minggu, 18 Juni 2017

10 Pantai Terindah di Gunung Kidul Yang Indah Banget

10 Pantai Terindah di Gunung Kidul Yang Indah Banget

10 Berita– Gunung Kidul merupakan salah satu wilayah kabupaten yang ada di propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Daerah Gunung Kidul memang sudah dikenal dengan banyaknya destinasi wisata pantai yang sangat indah. Jadi tak heran baik wisatawan domestik atau masyarakat lokal dan wisatawan mancanegara atau turis asing selalu menjadikan Gunung Kidul sebagai destinasi wisata yang wajib untuk dikunjungi.

Kawasan Gunung Kidul memang memiliki berbagai jenis destinasi objek wisata pantai yang menawarkan berbagai panorama, keindahan, dan fasilitas yang berbeda – beda. Selain itu jarak antara pantai satu dengan lainnya cukup berdekatan dan berjajar. Jika Anda penasaran dan ingin sekali berwisata
pantai, tidak ada salahnya mencoba untuk mengunjungi pantai – pantai yang ada di daerah Gunung Kidul.

Dalam kesempatan kali ini kami akan mengulas informasi mengenai destinasi pantai – pantai terindah yang ada di Gunung Kidul. Berikut dibawah ini daftar 10 pantai terindah di Gunung Kidul yang wajib untuk dikunjungi.

1. Pantai Baron

Pantai Baron berada di daerah Kabupaten Gunung Kidul, dimana para wisatawan yang berkunjung harus membayar tiket masuk sebesar Rp 5.000,-/orang, serta akan dikenakan parkir untuk kendaraan mobil atau motor sebesar Rp 1.000,- sampai Rp 2.500,-.

Pantai Baron menyajikan panorama keindahan pantai yang sangat mempesona. Para pengunjung yang datang bisa menghabiskan waktu mereka dengan bermain air laut dan juga bisa berenang di bibir pantai dengan kedalaman air laut yang dangkal.Selain itu para pengunjung Pantai Baron juga tidak perlu khawatir terseret ombak, karena pihak pengelola sudah memberikan tanda pembatas untuk menandai wilayah mana saja yang aman dikunjungi.

Ombak yang ada di Pantai Baron ini cukup besar dan cocok sekali dijadikan sebagai spot untuk berselancar.

2. Pantai Drini

Pantai Drini terletak di Desa Banjarejo, Kecamatan Tanjungsari, Gunungkidul. Dibagian tengah pantai terdapat sebuah pulau kecil yang seolah – olah menjadikan Pantai Drini ini terbelah menjadi dua bagian.

Di sisi timur pantai terdapat barisan tebing yang menghadang ombak dipadukan dengan keindahan pulau karang. Air laut yang ada di Pantai Drini ini cenderung tenang sehingga para wisatawan bisa bebas berenang dengan aman.

Sedangkan pada sisi baratnya terdapat jajaran perahu bercadik milik para nelayan yang digunakan untuk mencari ikan.

3. Pantai Sadranan

Pantai Sadranan termasuk salah satu spot terbaik untuk digunakan snorkeling yang ada di Pulau Jawa. Di kawasan Pantai Sadranan  ada sebuah tempat penyewaan yang dikenal dengan nama ‘Sadranan Snorkeling’, dimana tempat tersebut sudah menyediakan berbagai perlengkapan dan peralatan snorkling.

Pantai Sadranan merupakan rumah dari beberapa spesies laut menarik seperti Ikan Lepu, Kerondong, Botana Kuning, Kepe – kepe, Areng-areng, Ikan Neon, dan masih banyak spesies lainnya.

Disarankan bagi para pengunjung yang ingin snorkling di Pantai Sadranan, lebih baik di pagi hari, tengah hari, atau sore hari menjelang matahari terbenam.

4. Pantai Ngobaran

Pantai Ngobaran merupakan pantai yang memiliki kisah mistis yang kental, dimana kisah tersebut menceritakan tentang Prabu Brawijaya V.

Pantai ini rutin digunakan sebagai tempat atau lokasi untuk melakukan kegiatan upacara adat masyarakat sekitar. Selain itu Pantai Ngobaran ini merupakan spot yang terbaik karena menawarkan keindahan Bukit Karang, Candi Pemujaan, dan Patung Dewa.

Selain itu juga terdapat makanan kuliner khas dari pantai tersebut yaitu landak laut goreng yang wajib dicicipi.

5. Pantai Siung

Pantai Siung merupakan satu – satunya pantai di Jogja yang memiliki medan untuk panjat tebing. Pantai Siung menyajikan keindahan pemandangan dengan panorama pemandangan batu karang raksasa yang berdiri kokoh disisi timur dan sisi barat pantai.

Saat ini Pantai Siung memiliki 250 jalur pemanjatan dengan tingkat kesulitan yang beragam. Bahkan pantai ini  mendapat julukan “The Best Rock Climbing Site in Jogja”.

Dari atas bebatuan karang, para wisatawan dapat menikmati pemandangan laut lepas yang mempesona.

6. Pantai Kesirat

Pantai Kesirat ini menawarkan keindahan pasir putih yang sangat indah, dimana pantai tersebut terdiri dari tebing karangyang kokoh dengan terdengar suara deburan ombak kencang yang menghantam sisi karang.

Lokasi Pantai Kesirat ini dapat digunakan untuk berkemah, bahkan area dari Pantai Kesirat ini sangat bersih dan tidak terlalu ramai serta merupakan spotterbaik untuk menikmati panorama indahnya matahari terbenam.

7. Pantai Jogan

Pantai Jogan adalah salah satu jenis pantai yang memiliki air terjun dengan dihiasi tebing – tebing pengunungan kapur.

Air terjun yang ada di pantai ini langsung jatuh dari atas tebing langsung menuju laut. Di sini, selain menikmati indahnya pantai dan deburan ombak. Anda juga bisa menikmati guyuran air terjun yang segar.

Sayangnya Pantai Jogan ini masih belum banyak dikunjungi oleh wisatawan.

8. Pantai Krakal

Pantai Krakal adalah salah satu tempat wisata pantai yang memiliki pasir putih dan batuan karang. Di kawasan Pantai Krakal ini para pengunjungnya dapat menikmati indahnya pemandangan pantai yang mempesona dengan cara berjalan menyusuri pesisir pantai.

Batuan karang yang ada di bibir Pantai Krakal ini merupakan rumah bagi biota laut seperti ikan damselfish, butterfly fish, bintang laut, dan ikan – ikan lainnya.

Selain itu Pantai Krakal ini memiliki ombak yang cukup besar dan cocok sekali digunakan sebagai spot untuk surfing.

9. Pantai Indrayanti

Pantai Indrayanti ini sebenarnya lebih dikenal dengan nama Pantai Pulsa atau Pulang Sawal. Pantai Indrayanti termasuk pantai yang sangat terjaga kebersihannya jika dibandingkan dengan pantai – pantai lainnya yang b di Gunung Kidul.

Pantai Indrayanti ini juga sering sekali digunakan sebagai tempat untuk berolahraga air seperti main jet sky, bermain air, atau hanya sekedar duduk – duduk santai di gazebo yang sudah tersedia di sekitar pantai.

10. Pantai Glagah

Pantai Glagah ini sangat unik dengan permukaan pesisir pantainya yang landai dan datar. Bahkan terdapat bukit karang yang berdiri kokoh di daerah pesisir pantai dengan pasir putihnya yang menawan.

Banyak hal yang bisa dilakukan ketika berkunjung ke lokasi Pantai Glagah ini seperti bermain air atau berenang, serta hanya duduk – duduk santai saja di pesisir pantai.

Ada laguna yang sangat terkenal berjarak 300 meter dari dermaga yang dapat dikunjungi oleh para wisatawan.

Sumber: wisataterindah.net