OPINI

ARTIKEL

KHASANAH

MOZAIK

NASIONAL

INTERNATIONAL

.

.

Kamis, 29 Juni 2017

Kata Pengamat Soal Dukungan Turki Terhadap Qatar dan Dampaknya Atas Saudi

Kata Pengamat Soal Dukungan Turki Terhadap Qatar dan Dampaknya Atas Saudi

Menurutnya, terdapat pergeseran sikap Amerika Serikat (AS) yang mulai signifikan merapat dengan sikap sekutunya, yakni Turki.

10Berita– Pengamat politik internasional, Arya Sandhiyudha menilai, upaya dukungan Turki terhadap Qatar atas pemutusan diplomasi oleh Arab Saudi dan negara Teluk lainnya mulai memasuki babak baru.

Direktur Eksekutif Madani Center for Development and International Studies (MacDIS) ini mengungkapkan, terdapat pergeseran sikap Amerika Serikat (AS) yang mulai signifikan merapat dengan sikap sekutunya, yakni Turki.

“AS mendukung agar 13 syarat ditinjau ulang karena sangat tidak realistis untuk diwujudkan dan mendukung Kuwait sebagai mediator. Jerman juga atas lobi Turki-Iran bersikap mendukung normalisasi diplomatik,” ujarnya kepada hidayatullah.com, Rabu (28/06/2017).

Arya mengatakan, apabila upaya dukungan tersebut terwujud, pilihannya adalah Saudi dkk tetap bertahan dengan sikapnya lalu berbalik terisolasi dunia atau melunak agar situasi kembali normal.

Sebelumnya, Arab Saudi dan beberapa negara Teluk lainnya, seperti Mesir dan Uni Emirat Arab, memutuskan untuk mengintensifkan upayanya secara fisik mengisolasi Qatar dengan menutup perbatasan dan membatalkan penerbangan.

Hal itu menyusul pemutusan diplomatik dengan Qatar yang dianggap melindungi kelompok radikalisme.*

Rep: Yahya G Nasrullah

Editor: Muhammad Abdus Syakur

Sumber: Hidayatullah