OPINI

ARTIKEL

KHASANAH

MOZAIK

NASIONAL

INTERNATIONAL

.

.

Sabtu, 29 Juli 2017

Umat Islam Menang, Zionis Israel Cabut Batasan Usia ke Masjid Al Aqsha

Umat Islam Menang, Zionis Israel Cabut Batasan Usia ke Masjid Al Aqsha

10Berita – Takbir dikumandangkan saat ribuan umat Islam Palestina berbondong-bondong memasuki Masjid Al-Aqsa, setelah Zionis Israel akhirnya mencabut aturan pembatasan usia yang telah diberlakukan sejak hari Jumat (28/07).

Otoritas Wakaf Islam yang mengelola kompleks Masjid Al Aqsa resmi menyatakan bahwa semua gerbang dibuka untuk umat Islam dari segala usia. Setelah sebelumnya, Israel melarang pria di bawah 50 tahun memasuki komplek Masjid.

Pengumuman datang hanya beberapa jam sebelum shalat Jumat dimulai. Keputusan itu langsung disambut sorak gembira oleh lebih dari 10 ribu umat Islam yang menanti di luar gerbang Al-Aqsa.

“Kami Menang!” sorak umat Islam seperti dilansir dari Aljazeera pada Sabtu (29/07). Momen ini kemudian didokumentasi oleh IMEU dan diuploud di akun Twetternya @theIMEU.

“Pemuda Palestina merayakan pembukaan gerbang ke Masjid Al Aqsa. Israel mengumumkan mereka telah membuka semua gerbang untuk segala usia,” tulis IMEU mengiringi videonya tersebut.

Sebelumnya, setelah mencabut seluruh perangkat keamanan yang dipasang sejak 14 Juli lalu, pihak keamanan Israel melarang pria dibawah 50 tahun untuk mengikuti solat Jumat berjamaah di Al-Aqsa.

Menurut keterangan kepolisian Israel, solat Jumat menjadi ancaman. Pasalnya, solat Jumat biasanya dapat menarik jumlah hingga ribuan orang ke Masjid Al-Aqsa. Sementara itu, pada Jumat (28/07) jalan-jalan di sekitar Kota Tua Yerusalem dan rute-rute menuju kompleks Al Aqsa ditutup dan dijaga oleh 3.500 polisi. (KI/Ram)

Sumber: Eramuslim