OPINI

ARTIKEL

KHASANAH

MOZAIK

NASIONAL

INTERNATIONAL

.

.

Kamis, 17 Agustus 2017

Aplikasi Ini Mudahkan Navigasi Jamaah Haji

Aplikasi Ini Mudahkan Navigasi Jamaah Haji

10Berita, RIYADH -- Selama menjalankan ibadah haji, masalah navigasi menjadi salah satu yang vital. Penentu arah menjadi hal yang sangat dibutuhkan bagi para jamaah agar tidak tersesat.

Papan-papan penunjuk jalan adalah salah satu yang paling banyak dicari. Namun seiring dengan perkembangan zaman, kini jamaah bisa tahu posisi mereka hanya dengan aplikasi di ponsel.

Jamaah haji biasanya dianjurkan untuk menginstal aplikasi navigasi. Ada yang harus menggunakan koneksi internet ada juga yang tidak. Berikut empat aplikasi paling top menurut kantor berita Al Arabiya:

1. Hajj Navigator

Aplikasi ini akan memberi jamaah informasi arah tepat di Mina, Mekkah, dan Aziziyah. Hajj Navigator didukung oleh Google Maps dan berdasar pada data jalanan di Mina.

Di sana juga tertera detail akomodasi, hotel, rumah sakit dan fasilitas medis. Saat jamaah menentukan posisi dan tujuan mereka, aplikasi akan memberikan info rute, jarak dan waktu tempuhnya.

2. Hajj Salam

Dibandingkan dengan aplikasi lain, Hajj Salam terkenal karena fitur interaksinya. Aplikasi ini bisa menghitung berapa kali jamaah mengelilingi Kabah selama Tawaf. Hajj Salam juga dilengkapi dengan audio untuk mendengarkan doa, adzan, membaca peta dan terintegrasi dengan media sosial.

3. Smart Hajj

Smart Hajj didukung secara resmi oleh pemerintah Arab Saudi. Aplikasi ini didesain untuk memandu jamaah selama berada di tanah suci. Smart Hajj dikembangkan oleh GIS Technology Innovation Center, Saudi Arabia's King Abdulaziz City for Science and Technology (KACST).

Salah satu keunggulannya adalah aplikasi ini mampu menghubungkan jamaah langsung dengan otoritas secara online. Jika seseorang sakit, mereka bisa langsung meminta pelayanan medis untuk datang.

4. Hajj Guide

Aplikasi ini dilengkapi dengan informasi panjang soal haji. Mulai dari keutamaan hingga sejarahnya. Selain itu, banyak juga tips yang bisa menambah wawasan jamaah. Seperti tentang persiapan perjalanan serta barang penting apa saja yang harus dibawa.

Sumber: Ihram