OPINI

ARTIKEL

KHASANAH

MOZAIK

NASIONAL

INTERNATIONAL

.

.

Kamis, 17 Agustus 2017

Jika Umat Islam Kuat, Indonesia akan Kuat

Jika Umat Islam Kuat, Indonesia akan Kuat

Hanya saja, Wasekjen Dewan Pertimbangan MUI menegaskan, jangan diartikan bahwa ketika umat Islam kuat maka berkonotasi mendirikan negara Islam.

muhammad abdus syakur/hidayatullah.com

10Berita– Pimpinan AQL Center, Ustadz Bachtiar Nasir menyatakan, jika umat Islam kuat maka Indonesia akan kuat. Hal itu disampaikannya dalam rangka refleksi kemerdekaan Republik Indonesia ke-72 tahun, besok, Kamis (17/08/2017).

Bachtiar menjelaskan, indikasinya karena mayoritas penduduk negeri ini adalah umat Islam. Dan karena kerajaan dan kesultanan Islam yang menghendaki terusirnya penjajah di bumi Nusantara pada waktu itu yang kemudian menjadi NKRI pada akhirnya.

“Dan kekuatan kesultanan dan kerajaan Islam itu terbukti. Jadi, kalau umat Islam hari ini kuat maka Indonesia insya Allah akan kuat,” ujarnya di Jakarta, Senin pekan ini.

Baca: Muhammadiyah: NKRI Anak Kandung Umat Islam Indonesia


Hanya saja, Wasekjen Dewan Pertimbangan MUI ini menegaskan, jangan diartikan bahwa ketika umat Islam kuat maka berkonotasi mendirikan negara Islam.

Bachtiar menjelaskan, para ulama Islam pendiri bangsa telah bersepakat bahwa Indonesia adalah darul ahdi wa syahadah dandarul salam, yakni wilayah kesepakatan dan kedamaian.

“Karenanya kita fokuskan agar nilai-nilai al-Qur’an juga mengejawantah dengan nilai-nilai kebangsaan. Agar nilai-nilai al-Qur’an juga teraplikasikan dalam nilai kebinekaan. Dan itu tidak berarti mengesampingkan umat yang lain,” pungkasnya.

Baca: HUT RI ke-72, AQL akan Gelar “Syiar Persatuan Mengisi Kemerdekaan dengan Qur’an”


Bertepatan hari peringatan kemerdekaan Republik Indonesia atau HUT  RI ke-72, Ar-Rahman Qur’anic Learning (AQL) Islamic Center akan menggelar acara “Syiar Persatuan Mengisi Kemerdekaan dengan Qur’an” di Kota Bandung, Jawa Barat, Kamis, 17 Agustus 2017.

Syiar tersebut akan digelar sejak malam peringatan kemerdekaan RI, Rabu (16/08/2017) hingga esoknya, Kamis (17/08/2017) pukul 16.00 WIB dengan pusat kegiatan di Masjid Agung Trans Studio Mall.*

Sumber: Hidayatullah