OPINI

ARTIKEL

KHASANAH

MOZAIK

NASIONAL

INTERNATIONAL

.

.

Senin, 14 Agustus 2017

Kawal Pemimpin Baru DKI Jakarta, Bang Japar Bertransformasi Jadi Ormas

Kawal Pemimpin Baru DKI Jakarta, Bang Japar Bertransformasi Jadi Ormas

Bang Japar, kata Ketua Umumnya, Fahira Idris, juga mengidamkan sebuah kota yang dibangun melalui dialog, partisipatif, dan kolaboratif dengan warganya, bukan dengan traktor atau makian.

IST.

10Berita– Kebangkitan Jawara dan Pengacara (Bang Japar), salah satu relawan pemenangan pada Pilkada DKI Jakarta 2017 lalu, bertransformasi menjadi organisasi kemasyarakatan (ormas).

Transformasi ini dalam rangka mengawal kepemimpinan pasangan Gubernur-Wakil Gubernur DKI Jakarta terpilih, Anies Baswedan-Sandiaga Uno (Anies-Sandi).

Ketua Umum Bang Japar, Fahira Idris, mengungkapkan, nilai-nilai yang diusung Bang Japar senada dengan nilai-nilai yang dibawa pasangan tersebut semasa Pilkada DKI lalu.

Baca: Pilkada DKI, Para Jawara-Pengacara “Bang Japar” Awasi Tiap TPS secara Resmi


Bang Japar, lanjut Fahira, juga mengidamkan sebuah kota yang dibangun melalui dialog, partisipatif, dan kolaboratif dengan warganya, bukan dengan traktor atau makian.

“Sebuah kepimimpinan yang hadir untuk membela kaum dhuafa, membela warga Jakarta yang selama ini terpinggirkan dan tersingkir. Sebuah kepemimpinan yang menghadirkan kedamaian dan keadilan,” ujar Fahira yang juga Senator Jakarta.

Hal itu ia sampaikan dalam Apel Akbar Pelantikan Ormas dan LBH Bang Japar yang dihadiri 2.500 pengurus Bang Japar dari lima wilayah yang ada di Jakarta. Apel Akbar yang dihadiri Anies dan Sandi ini berlangsung di Kawasan Kalibata, Jakarta Selatan, Ahad (13/08/2017).

Selain melantik pengurus ormas dan LBH Bang Japar, pada apel akbar ini, Fahira juga memberikan penghargaan kepada tokoh masyarakat dan memberikan akte pendirian kepada berbagai perguruan silat yang ada di Jakarta.

Baca: Fahira: Di Indonesia yang Demokratis, Pembubaran Ormas Seharusnya Lewat Pengadilan


Bang Japar juga resmi membuka pendaftaran anggota baru bagi warga Jakarta yang aktif di perguruan silat, punya latar belakang hukum, dan para pegiat UMKM.

Seiring itu, Bang Japar mulai meluncurkan berbagai program untuk mendukung realisasi berbagai janji kerja pemimpin baru DKI Jakarta.

Salah satunya dengan menginisiasi Kampung Anti Narkoba dan meluncurkan ambulans gratis untuk warga kampung yang ada di Jakarta.

“Peluncuran ambulans gratis dan mencegah masuknya narkoba dengan mendirikan kampung anti narkoba, adalah salah satu program Bang Japar untuk mendukung Anies-Sandi merealisasikan janjinya memajukan dan membahagiakan warga Jakarta,” terang Wakil Ketua Komite III DPD ini kepadahidayatullah.com pasca acara itu.*

Rep: SKR

Editor: Muhammad Abdus Syakur

Sumber: Hidayatullah