OPINI

ARTIKEL

KHASANAH

MOZAIK

NASIONAL

INTERNATIONAL

.

.

Rabu, 30 Agustus 2017

Korea Utara Tembakkan Rudal ke Jepang

Korea Utara Tembakkan Rudal ke Jepang

10Berita, Pyongyang – Korea Utara menembakkan rudal ke arah utara Jepang pada Selasa (29/08). Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe menyebut hal itu sebagai ancaman yang belum pernah terjadi sebelumnya ke negaranya.

Rudal, yang dinamai Hwasong-12, terbang di atas pulau Hokkaido sebelum menabrak laut, menempuh jarak sejauh 2.700 km (1.687 mil). Hwasong-12 sebagai rudal jarak menengah mencapai ketinggian 550 km (342 mil), dan jatuh di Samudera Pasifik utara, sekitar 1.180 km dari pantai Jepang.

Korea Utara telah melakukan serangkaian uji coba rudal baru-baru ini. Namun ini adalah pertama kalinya senjata ini ditembakkan ke Jepang untuk ketiga kalinya.

Pada kesempatan sebelumnya, dua roket melintasi Jepang pada tahun 1998 dan 2009. Korea Utara mengatakan perangkat itu untuk meluncurkan satelit, bukan sebuah senjata.

Militer Korea Selatan mengatakan rudal itu ditembakkan ke timur, tepat sebelum pukul 06:00 waktu setempat (21:00 GMT) dari dekat ibukota Korea Utara, Pyongyang.

Tidak ada upaya apapun yang dilakukan oleh Jepang untuk menembak jatuh rudal itu. Melainkan hanya mengeluarkan peringatan keselamatan kepada warga di Hokkaido untuk berlindung di bangunan yang kokoh atau ruang bawah tanah.

Awal bulan ini, Korea Utara mengancam akan menembakkan rudal ke wilayah Guam Pasifik AS, sementara Presiden AS Donald Trump memperingatkan Pyongyang akan menerima akibatnya jika terus mengancam AS.

Program senjata konvensional dan nuklir Korea Utara merupakan pelanggaran internasional. Tembakan rudal itu disebut sebagai provokasi besar dan dapat meningkatkan ketegangan di semenanjung Korea.

Sumber: BBC, Kiblat
Redaktur: Ibas Fuadi

.