OPINI

ARTIKEL

KHASANAH

MOZAIK

NASIONAL

INTERNATIONAL

.

.

Selasa, 22 Agustus 2017

Ternyata 4 Cemilan Ini Bisa Mengurangi Kadar Stres

Ternyata 4 Cemilan Ini Bisa Mengurangi Kadar Stres

Ternyata 4 Cemilan Ini Bisa Mengurangi Kadar Stres

Sahabat Ummi pernah merasa stres? Tahukah bahwa ada beberapa cemilan yang bisa mengurangi kadar stres kita? Daripada terus-terusan merasa tertekan, coba deh ngemil beberapa cemilan berikut ini:

1. Cokelat

Cokelat memang sudah terkenal sebagai cemilan yang cocok dikonsumsi ketika stres melanda. Apa rahasianya?

Ternyata, cokelat mengandung molekul psikoaktif yang dapat membuat pemakan cokelat merasa nyaman. Beberapa kandungan cokelat seperti caffeine,theobromine, methyl-xanthine dan phenylethylalanine dipercaya dapat memperbaiki mood, mengurangi kelelahan sehingga bisa digunakan sebagai obat anti-depresi.

Jadi, ketika Sahabat Ummi merasa sedang terlalu lelah, stres, bad mood, coba rehat sebentar dengan menikmati cokelat, pastikan yang sudah ada label halalnya yaa.

2. Es krim

Siapa yang nggak doyan es krim? Meskipun tidak baik dimakan dalam porsi besar karena kandungan gulanya bisa bikin gemuk, tapi dalam porsi pas... es krim bisa menghilangkan rasa stres lho.

Es krim akan merangsang thrombotonin, yaitu hormon kebahagiaan dan penghilang stres. Jika es krim mengandung susu, maka es krim akan menjadi “obat penenang” alami yang mengistirahatkan sistem saraf dan mencegah gejala insomnia.

Sahabat Ummi yang sedang suntuk berat, bisa coba ngemil es krim rasa cokelat atau rasa favorit lainnya.

3. Snack pedas

Siapa yang sangka bahwa snack pedas bisa mengurangi stres? Khususnya buat Sahabat Ummi yang memang pecinta makanan pedas yaa.

Cabai merah dapat meningkatkan level endorfin dan serotonin yang menghilangkan nyeri dan memberi perasaan nyaman. Hormon ini bisa berlaku seperti pelawan stres dan depresi.

Gimana? Berani coba ngemil snack pedas?

4. Yoghurt dingin

Buat Sahabat Ummi penggemar rasa masam, mungkin sudah tidak asing lagi dengan yoghurt yaa... ternyata makanan/minuman yang satu ini bisa juga untuk meredakan stres.

Tidak hanya membantu melancarkan pencernaan, yoghurt juga bisa meningkatkan kandungan serotonin dalam otak yang bisa menurunkan tingkat stress, dan juga membuat kita merasa tenang. Mengonsumsi yogurt dalam keadaan dingin dapat membuat kita merasa lebih relax.

Jadi, cemilan mana yang mau Sahabat Ummi coba hari ini?

Foto ilustrasi : Google

Yuk, ikutan Tebar Wakaf Qur'an untuk para santri Penghafal Qur'an.
Donasi Rp 100.000,- Disalurkan untuk Lembaga Penghafal Qur'an
Transfer ke Bank BCA 5800.144.096 atas nama Yayasan Insan Media Peduli
Konfirmasi : 0857 1549 5905 (Purnomo)

Mau Berlangganan MAJALAH UMMI CETAK hubungi081546144426 (bisa via whatsapp).


Sumber: Ummi Online