OPINI

ARTIKEL

KHASANAH

MOZAIK

NASIONAL

INTERNATIONAL

.

.

Selasa, 15 Agustus 2017

Waspadai Pengemis di Sekitar Masjid Nabawi

Waspadai Pengemis di Sekitar Masjid Nabawi

10Berita, MADINAH -- Beberapa hari belakangan, Masjid Nabawi mulai ramai dengan kehadiran sejumlah pengemis. Seperti yang Republika.co.id saksikan usai shalat subuh, Selasa (15/8).

Pengemis tersebut berada di sekitar pintu 21 dan 22 hingga di kawasan sekitar menara jam. Berdasarkan pantauan, jamaah Indonesia ada yang memberi uang.

Namun, kehadiran pengemis ini dinilai meresahkan karena mereka sedikit memaksa jamaah untuk memberi uang. Pengamatan Republika.co.id, saat ada jamaah Indonesia yang mengeluarkan uang, dua pengemis perempuan lantas memepet dan berusaha merebut uang yang masih dipegang jamaah itu. Terlihat jelas jamaah Indonesia tersebut terganggu dengan kehadiran pengemis.

Jamaah haji asal Palembang, Susilawati Putih (42 tahun) mengaku merasa terganggu dengan kehadiran pengemis tersebut. "Merasa kurang nyaman ya, padahal secara fisik mereka masih terlihat mampu (sehat)," katanya saat ditemui di depan Masjid Nabawi.

Pendapat senada diungkapkan Irfan Kurniawan dari embarkasi JKG 25. Dia mengaku kekhusyukan Masjid Nabawi sebagai tempat beribadah terganggu.

Pendamping jamaah haji khusus dari travel agent Atria, Zubaidi mengatakan, jamaah sebaiknya berhati-hati dan waspada dengan pengemis yang ada di sekitar Masjid Nabawi. Dia mengimbau jamaah tidak memberi uang. "Kalau mau memberi uang, baiknya kasih saja ke tukang-tukang sapu," ujarnya.

Zubaidi juga menyarankan jamaah memperhatikan tasnya. Letakkan tas di bagian depan agar terawasi dan tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

Sumber: Republika