OPINI

ARTIKEL

KHASANAH

MOZAIK

NASIONAL

INTERNATIONAL

.

.

Kamis, 28 September 2017

Denda PSSI Terbayar, Bobotoh Salurkan Sisa Sumbangan untuk Rohingya

Denda PSSI Terbayar, Bobotoh Salurkan Sisa Sumbangan untuk Rohingya

10Berita, Bandung – Bobotoh, julukan suporter klub Persib Bandung akhirnya berhasil mengumpulkan koin untuk PSSI senilai Rp 50 juta. Lebih dari itu sumbangan berlebih, sehingga sisanya disalurkan untuk pengungsi Rohingya.

Sebelumnya, Persib Bandung dijatuhi sanksi oleh komisi disiplin PSSI dengan denda Rp 50 juta akibat koreografi suporter Persib Bandung yang bertuliskan “Save Rohingya” pada laga Persib Bandung kontra Semen Padang di stadion Si Jalak Jarupat, Kabupaten Bandung, Sabtu (09/09/2017).

Bobotoh menyerahkan koin untuk PSSI kepada Persib Bandung pada Rabu (27/09). Penyerahan dilakukan langsung oleh pentolan Viking Persib, Yana Umar kepada manajemen PT Persib Bandung Bermartabat yang diwakili Zainuri Hasyim dan Kuswara S Taryono sebagai komisaris.

Dana yang terkumpul sekitar Rp 153 juta sumbangan dari bobotoh, masyarakat, bahkan pejabat Kota Bandung. “Karena dendanya Rp 50 juta, sisa uangnya sekitar Rp 100 juta akan kita sumbangkan ke Rohingya,” ujar Yana di Graha Persib.

Sebenarnya, ungkap Yana, pihaknya akan langsung menyerahkan koin tersebut langsung ke PSSI. Namun menghindari hal tak diinginkan koordinasi dilakukan dahulu dengan manajemen Persib.

“Kalau tidak koordinasi dengan Persib, ditakutkan pada ujungnya ada hal merugikan bagi Persib kedepannya,” kata Yana.

Sementara Komisaris Utama PT PBB Zainuri Hasyim mengatakan, bahwa pengumpulan koin yang dilakukan bobotoh adalah reaksi spontan terhadap sanksi yang dijatuhkan Komisi Disiplin PSSI kepada klub kebanggaan mereka.

“Jadi ini reaksi spontanitas dari Bobotoh. Pesan dari Bobotoh untuk diserahkan ke PSSI,” imbuh Zainuri.

Zainuri mengungkapkan bahwa denda sudah dibayarkan manajemen kepada PSSI, sehingga uang receh yang dSikumpulkan dan diserahkan Bobotoh akan disumbangkan kepada Muslim Rohingya di Myanmar.

“Nantinya akan berkoordinasi dengan Viking terkait penyaluran sumbangan tersebut,” tutup dia.

Reporter: Saifal
Editor: M. Rudy

Sumber; Kiblat.