OPINI

ARTIKEL

KHASANAH

MOZAIK

NASIONAL

INTERNATIONAL

.

.

Kamis, 21 September 2017

Ilham Aidit Sebut DN Aidit Tidak Merokok, Film G30S/PKI Rekayasa. Lalu Bagaimana dengan Foto ini?



Ilham Aidit Sebut DN Aidit Tidak Merokok, Film G30S/PKI Rekayasa. Lalu Bagaimana dengan Foto ini?


10Berita - Salah satu dari saksi hidup dalam film Gerakan 30 September 1965 atau G30S/PKI, yakni Ilham Aidit, putra bungsu pemimpin senior Partai Komunis Indonesia (PKI), Dipa Nusantara Aidit, menyatakan banyak kebohongan tentang sosok ayahnya yang diperankan dalam film tersebut.
Kebohongan itu diungkap Ilham dalam program Indonesia Lawyers Club (ILC) yang ditayangkan langsung dan dipandu oleh Pemimpin Redaksi TV One, Karni Ilyas, edisi Selasa (19/9/2017) malam.

Menurut Ilham Aidit, salah satu kebohongan itu adalah Aidit tidak merokok, namun di dalam film tersebut sang sutradara merekayasa seolah-olah Aidit adalah seorang perokok berat. Ilham menyatakan, adegan tersebut sengaja diciptakan melalui film untuk memicu kemarahan rakyat kepada Aidit.

"Salah satu kebohongan yang sangat terlihat ialah, dalam adegan saat DN Aidit merokok, di film G30S/PKI, di film itu digambarkan Aidit seorang perokok berat, bahkan, cara Aidit mengisap rokok dan menghembuskan asapnya sangat melekat di bayangan orang yang telah menonton film itu. Dia menegaskan, ayahnya bukan seorang perokok, bahkan semasa hidupnya tak pernah sekali pun dia merokok," klaim Ilham dalam acara ILC itu.

Bahkan, lanjut Ilham, Aidit pernah diejek pemimpin dunia, seperti Fidel Castro, Bung Karno dan Mao Zedong, karena kebiasaan tak merokoknya itu. Peristiwa itu terjadi saat Aidit mendampingi Presiden Soekarno ke Havana, Kuba.

"Aidit itu tidak merokok. Suatu hari, Bung Karno dan Aidit itu main ke Kuba. Diceritakan kepada saya, jadi ketika itu komunis itu kumpul, Fidel Castro mengeluarkan cerutu, Soekarno tahu bahwa Aidit tidak merokok. Mereka membully Aidit. Mereka mengatakan, Pejuang buruh tani kok tidak bisa merokok," kata Ilham mengutip ceritera ayahnya dalam talk show bertema 'PKI, Hantu atau Nyata?' pada Selasa, (19/9/2017) malam.

Akibat ejekan itu, Aidit akhirnya mau mengambil cerutu dan menyulut dan mengisapnya. Tapi baru satu hisapan saja, Aidit langsung batuk-batuk.

"Aidit langsung menyulut cerutu dan dia langsung terbatuk-batuk, dan dibully lagi karena sebagai pemimpin buruh tapi batuk karena hisap rokok," kisah Ilham.

Baca Juga: Sebelum Didor di Jawa Tengah, Aidit Minta Rokok ke Eksekutor

Putra bungsu Aidit, politisi PKI (waktu itu-red)  mengatakan, sebagai pembuat film, seharusnya pembuat melakukan riset dan menanyakan langsung ke keluarga tentang kebiasaan Aidit.

"Saya dan ibu saya tertawa terbahak-bahak, sebab penulis film tersebut, Arifin C Noer itu, kurang riset, sehingga dia tidak tahu Aidit tidak merokok," terang Ilham.

Dengan demikian ada foto DN Aidit yang tersebar di sosial media yang diduga sedang merokok, benarkah? atau ini hanya foto editan.

Foto yang disebar oleh sebuah akun facebook bernama Fadlan Akbar memberi keterangan/caption di foto tersebut:

"Ternyata pendusta tetaplah pendusta.

Mereka menyangkal kevalidan filem G30-S/PKI karena dlm adegan itu ditampilkan tokoh PKI DN. Aidit sedang mengepul-ngepulkan asap rokoknya padahal dia bukan perokok dan tak bisa mengisap rokok.

Ternyata alasan ini hanyalah bualan mereka...cukup foto DN Aidit berikut ini yg membantahnya.
Waspadai Bahaya Laten PKI."

Sumber: www.beritaislamterbaru.org