OPINI

ARTIKEL

KHASANAH

MOZAIK

NASIONAL

INTERNATIONAL

.

.

Rabu, 25 Oktober 2017

Amerika Serikat Tuntut Qatar Hentikan Pendanaan Kepada Ikhwanul Muslimin dan Hamas

Amerika Serikat Tuntut Qatar Hentikan Pendanaan Kepada Ikhwanul Muslimin dan Hamas

10Berita – Amerika Serikat menuntut pemerintah Qatar untuk segera menghentikan bantuan dana terhadap kelompok yang dianggap sebagai teroris oleh AS, yakni ; Ikhwanul Muslimin dan Hamas, termasuk Al-Qaeda, ISIS dan Taliban.

Tuntutan ini disampaikan dalam konferensi yang dihadiri anggota Kongres AS dan mantan Menteri Pertahanan AS, sekaligus mantan Direktur CIA di era pemerintahan Barack Obama, Leon Panetta. Sosok yang dikenal vokal dalam menyuarakan desakan bagi Qatar untuk menghentikan pendanaan terhadap kelompok perjuangan Islam.

“Qatar memiliki catatan campuran. Kami tahu bahwa mereka memberikan dukungan finansial kepada Ikhwanul Muslimin, Hamas, al-Qaeda dan Taliban. Masalahnya adalah mereka tidak bisa melakukan sesuatu hal yang saling berlawanan,” ucap Panetta, seperti dilansir Al Arabiya, Selasa (24/10).

Qatar memiliki hubungan dekat dengan AS, dan menjadi tuan rumah sebuah pangkalan militer AS yang besar di wilayahnya. Namun, di waktu bersamaan Panetta menuding Qatar juga mengirimkan bantuan dana terhadap kelompok perjuangan seperti al-Qaeda.

Sementara itu, anggota Kongres AS dari Partai Republik, Robert Bettinger mengungkapkan bahwa dia telah bertemu dengan Emir Qatar sebanyak tiga kali, dan bertemu dengan Duta Besar Qatar di Washington berkali-kali. Dia menyebut, Emir Qatar mengakui telah memberikan dukungan kepada kelompok mujahidin di Suriah.

“Terus terang, Emir tersebut mengatakan kepada saya bahwa mereka membantu al-Qaeda di Suriah karena mereka membenci Bashar al-Assad,” ungkap Bettinger. (Alarabiya/Ram)

Sumber : Eramuslim