OPINI

ARTIKEL

KHASANAH

MOZAIK

NASIONAL

INTERNATIONAL

.

.

Sabtu, 21 Oktober 2017

Antisipasi Serangan Korut, Korsel Ciptakan Rudal ‘Frankenmissile’

Antisipasi Serangan Korut, Korsel Ciptakan Rudal ‘Frankenmissile’



10Berita - KOREA SELATAN—Militer Korea Selatan dilaporkan telah mengungkapkan rencana untuk mengembangkan rudal balistik baru. Menurut laporan, rudal baru Korsel ini cukup kuat untuk menghancurkan senjata nuklir, rudal Korea Utara dan pusat komando jika terjadi konfrontasi militer dengan Pyongyang.

Dalam audit parlemen tahunannya, tentara Korea Selatan telah mengungkapkan rencana untuk mengembangkan senjata “Frankenmissile.” Diklaim senjata ini akan memakan “biaya yang tak tertahankan” demi melawan Korea Utara pada tahap awal kemungkinan konflik bersenjata di Semenanjung Korea, kantor berita Yonhap melaporkan.

Rudal tersebut akan membawa hulu ledak seberat 1.800 kilogram dan mampu jatuh ke wilayah mana saja di Korea Utara.

Militer Korsel mengatakan bahwa pihaknya mulai mengembangkan rudal balistik untuk meminimalkan korban sipil dan untuk mengakhiri konflik militer potensial dengan Korea Utara sesegera mungkin.

Sebelumnya, Presiden AS Donald Trump “Setuju pada prinsipnya” dengan batas pemecatan Korea Selatan terhadap muatan rudalnya. Berdasarkan kesepakatan tahun 2012 dengan AS, Seoul telah diizinkan untuk memiliki rudal balistik dengan jarak tempuh hingga 800 kilometer – cukup untuk mencapai target di Korea Utara – dengan muatan tidak lebih dari 500 kilogram.

Rencana untuk membangun senjata baru tersebut telah dilaporkan oleh The Korea Herald pada bulan September. Korea Selatan dan AS, telah lama menentang program rudal dan nuklir Korea Utara.

Hingga saat ini, Korea Utara telah melakukan enam uji coba nuklir dan banyak melakukan uji coba rudal. Militer Korea Utara juga telah bersumpah akan melakukan tindakan perlawanan yang kuat, termasuk serangan nuklir jika diserang oleh Korea Selatan dan AS. []

Sumber :islam pos