OPINI

ARTIKEL

KHASANAH

MOZAIK

NASIONAL

INTERNATIONAL

.

.

Rabu, 04 Oktober 2017

Catalonia akan Proklamirkan Merdeka dari Spanyol dalam Hitungan Hari

Catalonia akan Proklamirkan Merdeka dari Spanyol dalam Hitungan Hari


10Berita~BARCELONA—Catalonia dikabarkan segera memproklamirkan kemerdekaannya dari Spanyol dalam hitungan hari. Hal itu disampaikan pemimpin atau presiden wilayah Catalonia, Carles Puigdemont.

Catalonia telah menggelar referendum kemerdekaan pada hari Minggu lalu yang diwarnai bentrokan antara aparat polisi Spanyol dengan para pemilih jajak pendapat. Lebih dari 800 warga Catalonia yang memberikan hak suaranya terluka dalam kejadian itu.

Puigdemont menyatakan, 90,9 persen pemilih sudah memilih “ya” untuk merdeka atau memisahkan diri dari Madrid meski jajak pendapat dinyatakan ilegal.


Media Partner

“Akan bertindak (memproklamirkan kemerdekaan) pada akhir minggu ini atau awal berikutnya,” kata Puigdemont dalam wawancaranya dengan BBC, terkait waktu deklarasi kemerdekaan Catalonia, Rabu (4/10/2017).

Ditanya apa yang akan dilakukannya jika pemerintah Spanyol melakukan intervensi dan mengendalikan pemerintahan Catalonia. Dia menjawab; ”Itu akan menjadi kesalahan yang mengubah segalanya.”

Sebelumnya, pemimpin regional yang seorang mantan wartawan ini telah “membuka pintu” untuk sebuah deklarasi kemerdekaan sepihak dari Spanyol melalui referendum.

Jajak pendapat tersebut telah membuat Spanyol memasuki krisis konstitusional terburuk dalam beberapa dasawarsa.

Keinginan kuat Catalonia untuk merdeka telah menimbulkan kekhawatiran akan terjadinya antara kubu Madrid dan Barcelona. Hingga kini, Perdana Menteri Spanyol Mariano Rajoy tidak mengakui adanya referendum di Catalonia beserta hasilnya. []

Sumber: islampos