OPINI

ARTIKEL

KHASANAH

MOZAIK

NASIONAL

INTERNATIONAL

.

.

Jumat, 06 Oktober 2017

Gadis Muda Ini Buta Permanen Gegara Kebanyakan Liat Layar Handphone

Gadis Muda Ini Buta Permanen Gegara Kebanyakan Liat Layar Handphone


10Berita – Jika Anda memiliki kebiasaan main game di smartphone kesayangan? Mungkin ini adalah waktu yang tepat untuk berhenti sejenak.

Pasalnya gamer wanita asal Dongguang, China, bernama Xioa Wu (bukan nama asli) dikabarkan kehilangan pengelihatan sebelah kanannya setelah bermain game mobile online sepanjang hari.

Menurut media setempat, wanita berusia 21 tahun itu tengah asik bermain game sebelum insiden itu terjadi. Kejadian ini sendiri terjadi tepat pada tanggal 1 Oktober lalu, seperti dilansir AsianOne.com dalam pemberitaannya Kamis (5/10).

Xiao Wu kemudian menjalani perawatan di Donggiang Huaxia Eye Hospital satu hari berselang setelah satu malam yang penuh kengerian dan rasa takut akan kehilangan kemampuan melihatnya.

Dokter yang menangani kasusnya itu menjelaskan pasiennya mengalami kondisi bernama retinal artery occlusion, di mana kebutaan hanya terjadi pada salah satu mata dan tanpa rasa sakit.

Kondisi ini normalnya terjadi pada mereka di usia lanjut dan tak dapat diperbaiki serta menyebabkan kebutaan permanen.

Xiao Wu sendiri mengaku bahwa ia sering kali lupa waktu ketika bermain dengan ponselnya dan bermain game sejak pagi hingga sore dan kembali bermain di tengah malam setelah tidur sejenak.
:
“Terkadang saya suka lupa waktu, saya bahkan tidak makan meski orang tua saya sudah mengingatkan. Sekarang saya takut dan menyesal,” ungkapnya.

Selain dikarenankan ponsel, menurut dokter yang merawat Xiao Wu, kerusakan mata juga dapat disebabkan oleh terlalu lama memandang layar komputer selain juga karena faktor kelelahan.

Bagi Ikwahfillah yang suka memandang layar smartphone ataupun computer, belum terlambat untuk merubah kebiasaan tersebut dengan membatasi waktu dan istirahat yang cukup. (Fj/Ram)

Sumber: Eramuslim