OPINI

ARTIKEL

KHASANAH

MOZAIK

NASIONAL

INTERNATIONAL

.

.

Minggu, 22 Oktober 2017

Hati-hati, Ternyata Ada Doa yang Dilarang Dalam Islam

Hati-hati, Ternyata Ada Doa yang Dilarang Dalam Islam

10Berita - Para ulama mengatakan kenapa doa sesuatu yang paling mulia di sisi Allah Ta’ala dibandingkan yang lainnya. “Karena di dalam doa terdapat bentuk sikap perendahan diri seorang hamba kepada Allah dan menunjukkan kuasanya Allah Ta’ala.” begitu kira-kira. 

Allah Ta’ala sangat, sangat, sangat menyukai hamba-Nya merendah diri kepada-Nya dan menunjukkan bahwa hanya Allah Ta’ala satu-satu-Nya Yang Berkuasa, Yang Maha pengatur, yang Maha Pencipta, tiada sekutu bagi-Nya.

Karena berdoa merupakan salah satu sarana untuk bercinta dengan Allah yang dianjurkan oleh Islam, karena dengan berdoa, seorang hamba dapat meminta apapun kepada sang pencipta tanpa ada perantara sama sekali.

Namun ada doa yang tidak dianjurkan oleh agama Islam, apakah itu? Seperti yang disebutkan dalam sahih Al-Bukhori: 5874

عَنْ أَنَسٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ:

لاَ يَتَمَنَّيَنَّ أَحَدٌ مِنْكُمْ الْمَوْتَ لِضُرٍّ نَزَلَ بِهِ, فَإِنْ كَانَ لاَ بُدَّ مُتَمَنِّيًا لِلْمَوْتِ فَلْيَقُلْ: اللَّهُمَّ أَحْيِنِي مَا كَانَتْ الْحَيَاةُ خَيْرًا لِي, وَتَوَفَّنِي إِذَا كَانَتْ الْوَفَاةُ خَيْرًا لِي.

Dari Anas ra., dia berkata: Rasulullah saw. bersabda: “Janganlah salah seorang dari kalian berharap untuk mati karena musibah yang menimpanya, kalau dia memang menginginkan kematian, hendaknya ia mengatakan: Ya Allah, hidupkanlah aku jika kehidupan itu lebih baik untukku, dan matikanlah aku jika kematian itu lebih baik bagiku.”

Oleh karenanya anjuran untuk kita lebih bersabar ketika menghadapi musibah, dan tidak berputus asa dari rahmat Allah dan selalu berdoa seperti apa yang diajarkan Rasulullah untuk meminta yang terbaik.

Sumber: inspiradata.com