OPINI

ARTIKEL

KHASANAH

MOZAIK

NASIONAL

INTERNATIONAL

.

.

Sabtu, 07 Oktober 2017

Kunjungan ke Rusia, Raja Salman Beli Suplai Sistem Pertahanan Udara Terbaru

Kunjungan ke Rusia, Raja Salman Beli Suplai Sistem Pertahanan Udara Terbaru


MOSKOW—Kunjungan Raja salman ke Negara Rusia Merupakan kunjungan yang bersejarah, karena menjadi raja Arab Saudi pertama yang menjejakkan kaki di Negeri Beruang Merah.

Selepas mendarat, Raja Salman dan Rombongan melaju di jalan raya berhiaskan papan reklame yang mengabarkan kedatangannya berikut pengumuman penyelenggaraan festival budaya Saudi selama sepekan.

Kunjungan Raja Salman penting bagi Rusia, menandai kontrak energi dan pertahanan bernilai miliaran dolar.

Menjelang lawatan penguasa Saudi tersebut, Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov menggambarkan momen kedatangan Raja Salman sebagai “peristiwa bersejarah”. Presiden Vladimir Putin pun mengamini pernyataan Lavrov.

“Ini merupakan ‘peristiwa penting’ yang akan ‘mendorong’ hubungan (kedua negara),” ujar Presiden Putin , seperti dikutip dari Independent, pada hari Jumat (6/10/2017) kemarin.

Sementara itu, Raja Salman membalas pernyataan Putin dengan menyebut, “Rusia adalah negara yang bersahabat.”

Menurut surat kabar Kommersant, kesepakatan senilai US$ 3 miliar telah dicapai atas suplai sistem pertahanan udara teranyar Rusia, Triumph S400, ke Arab Saudi. Laporan yang sama menyatakan bahwa kesepakatan jual beli ini akan ditandatangani dalam pertemuan WTO pada akhir Oktober.

sejumlah kesepakatan lain terkait dengan pembelian pesawat dan helikopter akan menyusul.[]

Sumber: Islampos