OPINI

ARTIKEL

KHASANAH

MOZAIK

NASIONAL

INTERNATIONAL

.

.

Sabtu, 07 Oktober 2017

Pemerintah Konsensus Nasional Palestina Resmi Kontrol Penuh Wilayah Jalur Gaza

Pemerintah Konsensus Nasional Palestina Resmi Kontrol Penuh Wilayah Jalur Gaza


10Berita Gaza – Hamas mengungkapkan Pemerintah Konsensus Nasional Palestina telah secara resmi mengambil alih otoritas administratif di~ Jalur Gaza.

Hal itu diungkapkan oleh juru bicara Hamas, Abdul Latif Al-Qanou, Kamis (05/10/2017). Dia mengatakan, “mendukung Pemerintahan Konsensus.”

Al-Qanou mengungkapkan Pemerintah Konsensus Nasional Palestina ingin meningkatkan perannya di wilayah kantong pantai yang dikepung Israel itu, seperti dilansir Maan News Agency. Seperti diketahui wilayah Gaza secara de facto berada di bawah kekuasaan Hamas sejak tahun 2006.

Rencana rekonsiliasi antra Fatah dan Hamas membuat komunikasi kedua ofaksi berjalan lancar. Fatah menguasai Otoritas Palestina bersitegang dengan Hamas sejak pemilihan umum tahun 2006, dimana Hamas menang mutlak di Jalur Gaza.

Setelah tahun 2007, Hamas mulai menerapkan konstitusi sendiri untuk Jalur Gaza dan memerintah melalui pemerintahan sementara. Sebuah Konsensus Pemerintah Nasional dibentuk pada bulan Juni 2014, yang bertugas mempersiapkan pemilihan legislatif dan presiden. Tetapi hal itu tidak pernah terwujud, karena Fatah dan Hamas saling menyalahkan akibat banyaknya kegagalan politik.

Perdana Menteri Palestina Rami Hamdallah menggelar pertemuan di Gaza pada Selasa (03/10/2017). Dalam kesempatan itu dia mengatakan pemerintahannya akan bertanggung jawab penuh atas semua sektorkehidupan di Gaza. “Dengan kerja sama penuh dan kemitraan dengan semua Faksi dan kekuatan Palestina,” ungkapnya.

Al-Qanou mengatakan Hamas akan selalu bekerja sama dengan pemerintah konsensus. “Siap dan bersedia memberikan fasilitasi untuk mengakhiri masalah yang belum terpecahkan,” tandasnya.

Sumber: Maan News Agency
Editor: Imam S.

Sumber: Kiblat.net