OPINI

ARTIKEL

KHASANAH

MOZAIK

NASIONAL

INTERNATIONAL

.

.

Senin, 20 November 2017

5 Manfaat Menjadi Istri yang Punya Sifat Qonaah

5 Manfaat Menjadi Istri yang Punya Sifat Qonaah

  

10Berita - Sahabat, menjadi istri yang baik adalah impian semua wanita. Salah satu ciri istri yang baik salah satunya adalah bersifat qona'ah. Memiliki sifat qona'ah pada diri seorang istri memiliki manfaat loh Sahabat Ummi. Mari simak 5 manfaat menjadi istri yang punya sifat qona'ah, berikut ini.

Menjauhkan dari hasad diri (Iri dan cemburu kepada orang lain)

Sahabat Ummi, seorang istri yang memiliki sifat amanah memiliki manfaat dapat menjauhkan dirinya dari iri dan cemburu kepada orang lain. Selain itu, seorang istri tersebut dapat menerima apa adanya, baik rezeki atau apapun yang diberikan suami tanpa menuntutnya untuk memilki sesuatu yang dimiliki orang lain hanya karena iri atau cemburu.

Hati yang mudah bersyukur

Sahabat Ummi, dengan memiliki sifat qona'ah maka seorang istri telah memupuk hatinya untuk mudah bersyukur atas segala rizki dari Allah subhanahu wata’ala yang ditipkan melalui suaminya.

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallambersabda,

انْظُرُوا إِلَى مَنْ أَسْفَلَ مِنْكُمْ وَلاَ تَنْظُرُوا إِلَى مَنْ هُوَ فَوْقَكُمْ فَهُوَ أَجْدَرُ أَنْ لاَ تَزْدَرُوا نِعْمَةَ اللَّهِ

“Pandanglah orang yang berada di bawahmu (dalam masalah harta dan dunia) dan janganlah engkau pandang orang yang berada di atasmu (dalam masalah ini). Dengan demikian, hal itu akan membuatmu tidak meremehkan nikmat Allah padamu.” (HR. Muslim, no. 2963)

Mendapatkan keberuntungan

Memiliki sifat qona'ah pada diri seorang istri juga memberikan manfaat lain loh Saahabat Ummi, yakni mendapatkan keberuntungan. Abdullah bin Amr mengatakan bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, yang artinya “Sungguh beruntung orang yang memeluk Islam, diberi rezki yang cukup dan Allah menganugerahi sifat qana’ah atas apa yang telah diberikan-Nya” (HR. Muslim: 1054; Tirmidzi: 2348)

Membawa ketentraman dan kedamaian

Sahabat Ummi, Seorang Istri yang memiliki sifat qona'ah memberikan manfaat yakni membawa ketentraman. Mengapa? Karena istri yang memiliki sifat qona'ah bisanya selalu merasa cukup dan bersyukur atas segala rizki yang diberikan oleh Allah subhanahu wata’ala. Selain itu, seorang istri yang memiliki sifat qona'ah, tidak banyak menuntut sesuatu kepada suaminya karena hatinya yang mudah bersyukur. Oleh karena itu hal tersebut dapat membawa ketentraman dan kedamaian dalam sebuah keluarga.

Memperoleh kehidupan yang baik

Allah ta’ala berfirman, yang artinya “Barangsiapa yang mengerjakan amal saleh, baik laki-laki maupun perempuan dalam keadaan beriman, maka sesungguhnya akan Kami berikan kepadanya kehidupan yang baik dan sesungguhnya akan Kami beri balasan kepada mereka dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan” (QS. An-Nahl: 97)

Memperoleh kehidupan yang baik bukanlah dilihat dari kekayaan yang melimpah Sahabat Ummi, yang dimaksud kehidupan yang baik pada ayat diatas adalah Allah subhanahu wata’ala memberikannya rezeki berupa rasa qana’ah di dunia ini, adapula sebagian ahli tafsir menyatakan bahwa kehidupan yang baik yaitu Allah menganugerahi rezeki yang halal dan baik kepada hamba.

Wallahua'lam bishowab. (Fikriah NurJannah)

Sumber :Rumaysho(dot)com dan berbagai sumber