OPINI

ARTIKEL

KHASANAH

MOZAIK

NASIONAL

INTERNATIONAL

.

.

Rabu, 29 November 2017

Peneliti Asal Australia Temukan Pohon Emas

Peneliti Asal Australia Temukan Pohon Emas

10Berita – Mungkin kita waktu kecil dahulu sering menonton film kartun yang mengkisahkan sebuah pohon yang berbuah emas, mungkin cerita pohon tersebut bagi kita hanya ada dalam cerita kartun anak-anak saja.

Akan tetapi seorang peneliti asal Australia berhasil memecahkan mitos tersebut, ia berhasil menemukan sejenis pohon ” Eucalyptus ” bertunas emas di salah satu daerah terpencil di Australia.

Dalam pencariannya, tim ilmiah Australia menemukan wilayah yang kaya dengan sumber daya alam yang terkenal tandus di Australia Barat, wilayah ini disebut juga ‘Gold Field’ ( ladang emas).

Menurut tim peneliti, wilayah ini diyakini memiliki kekayaan sedimen emas pada tanahnya yang sebelumnya tidak dapat di temukan oleh para ilmuwan di masa lalu, sehingga para peneliti ini memutuskan untuk memeriksa seluruh tumbuhan di wilayah ini yang memiliki kadar emas di dalam daunnya di laboratorium.


Perlu dicatat bahwa pohon Eucalyptus dikenal sebagai tumbuhan yang dikenal dengan batang kerasnya, pohon ini dapat memperdalam akarnya tanah sedalam puluhan meter untuk mendapatkan sumber air tanah.

Para ilmuwan berkeyakinan bahwa proses inilah yang menjadi penyebab pohon Eucalyptus di daerah ini memiliki kadar emas di lembaran daunnya.

Untuk membuktikan lebih lanjut, tim peneliti Australia ini juga menanam pohon Eucalyptus di tanah yang tidak mengandung molekul emas.  Dan hasilnya adalah tetap ditemukan sisa-sisa emas pada daun pohon Eucalyptus, seperti yang tertulis dalam jurnal ‘ Nature ‘.

Dalam dunia tumbuh-tumbuhan emas merupakan unsur logam yang menjadi komponen beracun bagi pertumbuhan tanaman.

Tim peneliti Australia ini menyatakan bahwa setiap daun pohon Eucalyptus berisi jumlah kadar emas yang sangat kecil ( 46 ppb ), perlu ratusan pohon Eucalyptus untuk membuat sebuah cincin pernikahan. (skynewsarabia/lndk)

Sumber:  Eramuslim