OPINI

ARTIKEL

KHASANAH

MOZAIK

NASIONAL

INTERNATIONAL

.

.

Rabu, 29 November 2017

Peneliti Swedia Ungkap Bukti-Bukti Arkeologi Tekstil, Bangsa Viking Terpengaruh Dakwah Islam

Peneliti Swedia Ungkap Bukti-Bukti Arkeologi Tekstil, Bangsa Viking Terpengaruh Dakwah Islam

10Berita - STOCKHOLM,– Para Peneliti Swedia awal Oktober lalu mengungkapkan hasil penelitian mengejutkan, dimana ditemukan lafal kata “Allah” dalam kostum saat upacara pemakaman di Zaman Viking.

Selain itu juga ditemukan lafal kata “Ali” dalam kostum Viking tersebut, yang sebagaimana diketahui merupakan salah satu Menantu Rasulullah SAW serta Khalifah yang ke-4.

Para peneliti Swedia kemudian kini memiliki kesimpulan bahwa bangsa Viking mendapatkan pengaruh besar dari dakwah Islam.

Ini juga ditunjukkan dari “adanya konsep tentang kehidupan kekal di Akhirat setelah kematian,” ungkap Annika Larsson, seorang peneliti arkeologi tekstil di Universitas Uppsala, Jumat (06/10), dilansir dari Anadolu Ajensi.

Kata-kata yang muncul sebagai karakter Kufi dalam naskah Arab kuno ditemukan dalam kostum sutra di makam perahu bangsa Viking dan juga di bilik pekuburan di Birka Swedia, kota bersejarah bangsa Viking.

“Di dalam Al-Quran, tertulis bahwa penghuni surga akan mengenakan pakaian sutra, yang beserta prasasti tanda teks tersebut yang dapat menjelaskan kemunculan sutra di kuburan Era Viking,” ujar peneliti arkeologi tekstil dari Universitas Uppsala tersebut dalam pernyataannya.

Karakter Kufi yang serupa juga ditemukan di mosaik-mosaik di monumen pemakaman dan mausoleum, terutama di Asia Tengah, ujar peneliti Universitas Swedia tersebut.

Pada tahun 2015, para peneliti Swedia di Universitas Stockholm juga menemukan sebuah cincin abad ke-9 di sebuah kuburan Viking dengan sebuah prasasti yang mengatakan ‘untuk Allah’ atau ‘kepada Allah’.[IZ]

Sumber : Panjimas.com