OPINI

ARTIKEL

KHASANAH

MOZAIK

NASIONAL

INTERNATIONAL

.

.

Selasa, 28 November 2017

Perbanyaklah Istighfar Saudaraku

Perbanyaklah Istighfar Saudaraku




10Berita - Dalam lam mencari rezeki tentunya seseorang melakukan pekerjaan dengan penuh usaha dan kerja keras. Bukan hanya dengan bekerja keras dan usaha yang giat, namun juga didukung dengan doa, ibadah secara rutin. Terdapat sebuah amalan yang juga dapat melimpahkan rezeki kita. Amalan tersebut sangat mudah untuk dilakukan, yakni dengan beristighfar.

Dengan memperbanyak istighfar kita dapat meraih berbagai kebaikan, salah satunya adalah dilimpahkannya rezeki oleh Allah Subhanahu Wata’ala. Allah berfirman dalam Al Qur’an Surat Nuh ayat 10-12 yang artinya, ”Aku (Nabi Nuh) berkata (pada mereka), “Beristighfarlah kepada Rabb kalian, sungguh Dia Maha Pengampun. Niscaya Dia akan menurunkan kepada kalian hujan yang lebat dari langit. Dan Dia akan memperbanyak harta serta anak-anakmu, juga mengadakan kebun-kebun dan sungai-sungai untukmu”

Ayat tersebut menjelaskan dengan baik bahwa beristighfar kepada Allah Subhanahu Wata’aladapat menurunkan hujan dan melimpahkan rezeki, memperbanyak keturunan serta disuburkannya kebun dan sungai. Begitu besar kekuatan yang dimiliki lafadz ini untuk selalu diucapkan oleh kaum muslim agar selalu mendapatkan keberkahan yang diberikan Allah Subhanahu Wata’ala.

Selain itu adapula sebuah hadist yang mengatakan bahwa istighfar merupakan salah satu kunci membuka rezeki. Hadits tersebut yakni, yang artinya, “Barangsiapa memperbanyak istighfar; niscaya Allah memberikan jalan keluar bagi setiap kesedihannya, kelapangan untuk setiap kesempitannya dan rizki dari arah yang tidak disangka-sangka” (HR. Ahmad dari Ibnu Abbas dan sanadnya dinilai sahih oleh al-Hakim serta Ahmad Syakir).

Dari hadist tersebut juga mempertegas kembali bahwasannya, memperbanyak istighfar dapat mendatangkan rezeki kepada kita dengan cara dan arah yang tidak terduga. Selain itu, pahamilah dan hayatilah makna istighfar itu sendiri, sehingga Sahabat Ummi mendapatkan keberkahan dari istighfar, seperti yang dijelaskan ayat dan hadist tersebut.

Sesungguhnya istighfar bukan hanya memohon ampun kepada Allah Subhanahu Wata’ala serta mampu menghapuskan dosa-dosa tetapi juga memiliki keberkahan yang lainnya. Oleh karena itu, biasakanlah untuk mengucap istighfar dan perbanyaklah beristighfar karena sesungguhnya kelak akan banyak keberkahan yang datang pada kita. (Fikriah NurJannah)

Sumber : Rumaysho(dot)com, muslim(dot)or(dot)id