OPINI

ARTIKEL

KHASANAH

MOZAIK

NASIONAL

INTERNATIONAL

.

.

Kamis, 30 November 2017

Pusat Kebudayaan Muslim di Warsawa Dirusak

Pusat Kebudayaan Muslim di Warsawa Dirusak

10Berita , WARSAW -- Pengrusakan terjadi di Pusat Kebudayaan Muslim di Warsawa, Polandia, Senin (27/11) malam waktu setempat. "Saat ini kasusnya diperlakukan sebagai kerusakan properti," kata juru bicara polisi Edyta Wisowska dilansir dari France 24, Kamis (30/11).

Insiden tersebut muncul setelah adanya ancaman dan pengrusakan pada sebagian bangunan. Peristiwa itu terjadi di tengah suasana intoleransi yang berkembang sejak pemerintah sayap kanan Polandia berkuasa pada 2015.

Koordinator Pusat Kebudayaan Muslim, Ahmad Alattal mengatakan pidato kebencian anti Muslim meningkat di Polandia dalam beberapa tahun terakhir, terutama sejak dimulainya krisis migran Eropa. "Kami menerima ancaman setiap saat melalui e-mail, media sosial, dan juga melalui telepon," ujar Alattal.

Dia menuturkan, bulan lalu kejadian pengrusakan juga terjadi di Pusat Kebudayaan Muslim. Saat itu, sebuah botol kaca memecah jendela di pintu depan.

Alattal mengaku, pernah menerima tanggapan sinis atas peristiwa itu dari Kanselir Senat. Dia mengatakan, pihak berwenang Polandia menganggap ketakutan dan kekhawatiran umat Islam itu tidak mendasar.

Padalah, menurut Alattal, dalam demonstrasi besar-besaran pada awal bulan ini di Warsawa, peserta meneriakkan ujaran Polandia murni, Polandia putih dan pengungsi keluar.

Pemimpin partai Law and Justice (PiS) Jaroslaw Kaczynski berkampanye di platform antipengungsi. Dia menuduh, pengungsi membawa kolera ke pulau-pulau Yunani, disentri ke Wina, berbagai jenis parasit.

Sumber : Republika.co.id