OPINI

ARTIKEL

KHASANAH

MOZAIK

NASIONAL

INTERNATIONAL

.

.

Senin, 18 Desember 2017

10 Publik Figur Dunia Yang Pro-Palestina (Bag.I)

10 Publik Figur Dunia Yang Pro-Palestina (Bag.I)


10Berita – Agresi militer Zionis Israel ke wilayah pendudukan, khususnya Jalur Gaza, membuat umat Islam dan warga dunia menunjukan solidaritasnya kepada Palestina.

Tidak hanya berasal dari orang dewasa, korban yang jumlahnya tidak sedikit berasal dari kalangan anak-anak tidak bersalah. Akibatnya, Amerika Serikat yang dikenal menjadi backing dan pendukung tindakan Israel menjadi semakin dibenci dunia.

Namun terlepas dari itu semua, sejumlah public figur justru menyuarakan dukungannya terhadap Palestina dengan beragam tindakan. Kesadaran mereka membuktikan bahwa masih ada hati mulia yang dimiliki atas tragedi manusia terbesar di dunia ini. Dikutip dari Mvslim, berikut deretan public figure yang Pro-Palestina.

1. CR7 Critiano Ronaldo

CR7 adalah pesepak bola kelas dunia yang dikenal sebagai salah satu artis yang pro dengan Palestina. Berbagai fakta yang dia lakukan membuktikan bahwa dirinya benar-benar mendukung Palestina. Pada tahun 2013, pemain termahal dunia ini enggan untuk menukar bajunya dengan pemain Israel untuk menunjukkan dukungannya terhadap hak-hak Palestina.

Selain itu, pemain berusia 32 tahun ini juga menyerahkan Golden Boot Award-nya ke yayasan Real Madrid yang kemudian dilelang dan uangnya digunakan guna membangun sekolah di Palestina.

2. Eric Cantona

Legenda sepak bola Eric Cantona telah menandatangani sebuah surat dengan tokoh internasional lainnya seperti Eden Hazard, Frederic Kanoute, Abou Diaby, dan Didier Drogba untuk menyerukan pembebasan pemain Palestina Mahmud Sarsak yang melakukan mogok makan di sebuah penjara di Israel.

Dalam sebuah surat yang dikirm ke Presiden UEFA Michel Platini, mantan bintang Manchester United tersebut mengatakan bahwa Israel harus diadili. “Mengapa kelompok yang sama ini diam saat Israel menjadi tuan rumah kompetisi UEFA Under 21 di tahun 2013?

Rasisme, pelanggaran hak asasi manusia, dan pelanggaran berat terhadap hukum internasional adalah kejadian sehari-hari di negara tersebut,” seperti yang tertulis di surat tersebut. “Sudah saatnya menghentikan Israel dan menuntut standar kesetaraan, keadilan, dan penghormatan yang sama terhadap hukum internasinal.” lanjutnya.

3. Coldplay

Coldplay menjadi berita utama karena menunjukkan dukungan mereka secara langsung untuk Palestina. Pada tahun 2011, Coldplay mengunggah video musik di halaman Facebook mereka. Lagu itu disebut “Freedom for Palestina” oleh One World.

Mereka tidak mengambil bagian dalam produksi lagu tersebut namun mengumpulkan lebih dari 5.500 orang hanya dalam beberapa jam. Hal tersebut menjadi perhatian besar dari media Israel sehingga sangat mengkritik tindakan band tersebut. (Okz/Ram)

Sumber : Eramuslim