OPINI

ARTIKEL

KHASANAH

MOZAIK

NASIONAL

INTERNATIONAL

.

.

Kamis, 14 Desember 2017

5 Penyebab Bibir Kering dan Pecah-pecah

5 Penyebab Bibir Kering dan Pecah-pecah

  


10Berita,- Memiliki bibir kering dan pecah-pecah tentu dapat mengganggu aktivitas dan penampilan sehari-hari. Terlebih lagi ketika kamu sedang makan dan akan bepergian ke acara penting yang harus memperhatikan penampilan.

Sebenarnya apa sih yang menyebabkan kondisi bibir kering?

1. Dehidrasi

Dehidrasi atau kekurangan cairan merupakan penyebab utama dari bibir kering dan pecah-pecah. Hal ini dikarenakan pada bibir tidak terdapat kelenjar minyak seperti yang dimiliki kulit sehingga bibir mudah mengering. Gejala dari dehirasi ialah sering merasa haus, sakit kepala, mudah lelah, dan warna urin berubah menjadi keruh serta cenderung gelap. Jika Sahabat Ummi kurang mengonsumi air mineral dalam sehari, mulailah setidaknya 8 hingga 10 gelas air dalam setiap hari untuk menghindari dehidrasi. Terlebih lagi jika kamu penderita diabetes dan seorang olahragawan.

2. Menjilat Bibir

Apakah Sahabat Ummi memiliki kebiasaan menjilat bibir ketika bibir mulai mengering? Hal ini sebaiknya tidak dibiasakan, karena menjilat bibir tidak menyembuhkan atau menghilangkan bibir kering, melainkan memperparah kondisi bibirmu. Air ludah akan mengikat kelembaban bibir sehingga ketika air itu menguap, maka bibir menjadi lebih kering daripada sebelumnya. Hal ini juga akan terjadi apabila kamu sering menggigit bibir.

3. Pasta Gigi

Hindari menggunakan pasta gigi yang mengandung sodium lauryl sulfate (SLS), yaitu sebuah zat yang dapat mencuri kelembaban alami bibir. Bila bibir kering tak kunjung pulih, maka periksalah kandungan pasta gigi yang kamu pakai setiap hari. Bila mengandung SLS, maka gantilah dengan pasta gigi yang bebas dari bahan tersebut. Produk berbahan dasar alkohol dapat menjadi penyebab bibir kering.

4. Bernapas melalui Mulut

Kerap kali penderita pilek, asma atau alergi saluran pernapasan lainnya mengalami bibir kering dan pecah-pecah. Hal ini dikarenakan tubuh cenderung menggunakan mulut untuk bernapas. Aliran udara yang keluar begitu sering dan kencang bisa menjadi penyebab bibir kering. Bagi Sahabat Ummi yang mendengkur dan menderita sleep apnea juga seringkali terbangun dengan kondisi bibir seperti ini.

5. Tidak Dilindungi

Penyebab yang terakhir ialah bibir tidak dilindungi. Tidak hanya wajah dan tubuh saja yang harus dilindungi, bibir juga membutuhkan. Gunakanlah lipsticklipbalmlipgloss, atau liptint yang mengandung SPF. Sahabat Ummi juga bisa mengoleskan sunblock atau petroleum jelly pada bibir sebelum ke luar rumah. Lakukanlah hal ini setiap hari, terlebih ketika cuaca sedang dingin karena umumnya suhu rendah mengambil kelembaban bibir lebih banyak.

Setelah mengetahui beberapa penyebab dari bibir kering dan pecah-pecah, Sahabat Ummi bisa mulai merawat bibir secara rutin seperti merawat anggota tubuh lainnya. Konsultasikanlah kepada dokter apabila bibirmu mengalami kering secara terus-menerus. (Dina Nazhifah)

Sumber: mediskus(dot)com, hellosehat(dot)com, deherba(dot)com
Ilustrasi: Google