OPINI

ARTIKEL

KHASANAH

MOZAIK

NASIONAL

INTERNATIONAL

.

.

Selasa, 19 Desember 2017

Ben Salman Ternyata Pembeli Rumah Termahal di Dunia Ini

Ben Salman Ternyata Pembeli Rumah Termahal di Dunia Ini

10Berita – Putra Mahkota Saudi, Mohammad bin Salman yang baru-baru ini memimpin aksi pemberantasan korupsi yang menyeret sejumlah pangeran dan pejabat Saudi dilaporkan telah dinyatakan sebagai pembeli rumah termahal di dunia.

Mohammad bin Salman yang juga dikenal dengan akronim MbS diidentifikasi sebagai pemilik Chateau Louis XIV, rumah yang memiliki luas bangunan 4.645 meter persegi, dalam sebuah laporan oleh New York Times pada akhir pekan kemarin dan dimuat ulang Russia Today.

Laporan tersebut menemukan bahwa pewaris takhta Saudi membeli properti senilai 300 juta dolar AS itu pada tahun 2015.

Pangeran tersebut dikatakan telah mengakuisisi istana tersebut melalui sejumlah perusahaan shell di Perancis dan Luksemburg yang semuanya dimiliki oleh Eight Investment Company, sebuah perusahaan Saudi yang dikelola oleh yayasan pribadinya.


Klaim dalam laporan tersebut didasarkan pada informasi dari Paradise Papers, kumpulan laporan dari lebih 13 juta dokumen yang berkaitan dengan investasi lepas pantai yang bocor ke aliansi media.

Laporan ini dimunculkan di pasca Mohammad bin Salman memimpin sebuah kampanye yang mempromosikan penghematan dan perlindungan terhadap pengayaan diri di negara kaya minyak akhir-akhir ini.

Upaya tersebut telah mengakibatkan penangkapan lebih dari 200 pangeran, menteri dan pengusaha dan pemenjaraan mereka di Ritz Carlton di Riyadh.

Defisit Kerajaan mencapai 79 miliar dolar AS tahun lalu. Untuk mengurangi defisit, Riyadh telah mencoba menerapkan langkah-langkah fiskal, termasuk pemotongan belanja, kenaikan pajak, penjualan obligasi dan bahkan meningkatkan prospek floating floating monoco minyak Armco di bursa saham.

Sebagai informasi, rumah yang dibeli Mohammad bin Salman itu disebut-sebut sebagai rumah termahal di dunia. Rumah tersebut memiliki luas total sekitar 1.532 hektar dan dibangun pada tahun 2009 di Louveciennes, sebelah barat Paris, setelah pengembang Emad Khashoggi. Ia membuldozer sebuah istana abad ke-19 untuk memberi jalan bagi visinya tentang istana bergaya Versaille.

Rumah, yang memiliki gudang anggur, bioskop dan parit dengan ruang bawah laut yang transparan, sepenuhnya modern, dengan air mancur, lampu dan pendingin ruangan yang dikendalikan dari jauh melalui iPhone.

Ada juga 10 kamar tidur mewah di dalam rumah, kolam renang indoor dan outdoor, lapangan squash, dua ballroom dan kelab malam. Majalah Fortune menggambarkan properti tersebut sebagai “yang paling mahal di dunia” dalam sebuah artikel pada bulan Desember 2015.(kk/rmol)

Sumber : Eramuslim