OPINI

ARTIKEL

KHASANAH

MOZAIK

NASIONAL

INTERNATIONAL

.

.

Minggu, 24 Desember 2017

Inilah Negara-negara Muslim yang Lantang Lawan Klaim AS terhadapan Al Quds

Inilah Negara-negara Muslim yang Lantang Lawan Klaim AS terhadapan Al Quds


10Berita Beberapa negara Muslim terlihat memiliki peran mencolok dibanding negara-negara lain dalam penentanga terhadap klaim AS mengenai status Al Quds.

Negera-negara Muslim yang memiliki peran dan amat vokal dalam masalah Al Quds tersebut, versi Russia Today adalah Turki, yang menjadi tuan rumah pertemuan tingkat tinggi negara-negara anggota OKI, yang menghasilkan kesepakatan bahwa Al Quds Timur merupakan ibukota bagi Palestina.

Selain Turki, Mesir juga memiliki peran besar, terutama dalam kancah diplomasi di PBB, dimana Mesir merupakan anggota DK PBB yang berinisiatif untuk menggulirkan keputusan menentang klaim AS. Meski hasil keputusan itu gugur oleh veto AS, namun Mesir menggulirkan persoalan itu kepada Majelis Umum PBB, dimana lahir resolusi penolakan terhadap klaim AS tersebut.

Untuk kawasan Asia Tenggara, Malaysia disebut sebagai negara yang cukup vokal dalam menentang kaliam AS mengenai Al Quds dengan pernyataan bahwa militernya siap bergerak untuk membela Al Quds.

Meski dalam kondisi konflik, Yaman disebut juga memiliki peran dalam menentang klaim AS dimana ia bersama Turki memberikan dukungan kepada Mesir untuk menentang AS melalaui Majelis Umum, setelah kandas oleh veto di DK PBB.

Sedangkan Tunisia, Maroko dan Iraq juga cukup vokal dalam menentang klaim AS dengan memanggi duta besar AS untuk negara-negara tersebut.*

Sumber : Hidayatullah.com