OPINI

ARTIKEL

KHASANAH

MOZAIK

NASIONAL

INTERNATIONAL

.

.

Rabu, 06 Desember 2017

Masjidil Haram Gunakan Teknologi Baru di Halaman Mataf

Masjidil Haram Gunakan Teknologi Baru di Halaman Mataf


10Berita – Kerajaan Arab Saudi kembali akan akan memasang teknologi baru di atap Al-Masaa Masjidil Haram. Kebijakan ini diambil untuk memastikan kelancaran lalu lintas halaman mataf.

Direktur Manajemen Massa Masjidil Haram, Fares bin Fayez Mulla menjelaskan kepada Arab News bahwa program ini digunakan untuk mengawasi dan memberikan keamanan, serta kenyamanan para Tamu Allah.

“Sepanjang tahun kami mengukur dan mempelajari kerapatan (jemaah). Kami mengumpulkan informasi untuk menganalisis dan menemukan solusi yang tepat dan mempresentasikannya kepada pejabat untuk membuat keputusan yang tepat,” ucap Mulla.

Dari pengamatan yang dilakukan timnya, ada beberapa kesalahan yang kerap dilakukan para jemaah. Para jemaah kerap tidak mengikuti pedoman yang telah diterapkan pengelola Masjidil Haram.

Kesalahan lain yang kerap dilakukan yaitu memasuki pintu masuk, lorong, dan jalan keluar di pintu-pintu lain. Meskipun, telah diberikan tanda berbagai bahasa.

Pengamatan berulang-ulang sedang dipertimbangkan oleh spesialis untuk mencari solusi dan alternatif melalui sistem dan program yang canggih.

Kapasitas halaman mataf beserta lantainya yaitu 107.000 jemaah berkeliling per jam. Sedangkan kapasitas halaman mataf dapat menampung 30.000 jemaah per jam, selain lantai.

Sumber : Eramuslim