OPINI

ARTIKEL

KHASANAH

MOZAIK

NASIONAL

INTERNATIONAL

.

.

Jumat, 01 Desember 2017

Pilkada 2018, MUI Imbau Jauhi Praktik Kotor

Pilkada 2018, MUI Imbau Jauhi Praktik Kotor

rifa'i fadhly/hidayatullah.com

Pilkada DKI Jakarta, Rabu (15/02/2017).

10Berita – Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengimbau kepada semua pihak yang terlibat dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2018 untuk menjunjung tinggi cara yang baik, santun, tidak provokatif, dan senantiasa mengedepankan kepentingan umum di atas kepentingan kelompok.

Maklumat itu dirumuskan sebagai salah satu hasil rekomendasi Rapat Kerja Nasional (Rakernas) III MUI di Hotel Sahira, Bogor, Jawa barat, Rabu malam (29/11/2017).

Baca: Kritisi Peradilan Indonesia, Dahnil: Politik Uang Harus Dihentikan


Ketua Tim Perumus Komisi Rekomendasi, Zainut Tauhid Sa’adi mengatakan, peningkatan tensi politik akibat kontestasi elektoral tersebut apabila tidak dikelola dengan baik bisa berpotensi menimbulkan konflik horizontal.

“Kedepankan akhlak karimah, jauhi praktik kotor yang dilarang agama seperti risywah(money politic), kampanye hitam, dan kecurangan (gharar),” ujarnya.

Ia menambahkan, pihaknya juga mengimbau kepada semua pengurus MUI agar menjaga institusi MUI dan tidak terbawa arus politik praktis dengan ikut dukung-mendukung calon tertentu.

“Sehingga bangsa Indonesia terhindar dari perpecahan, (dan) mendapatkan berkah Allah, serta dapat memilih pemimpin berkarakter siddiq, amanah, tabligh, dan fathanah,” tandasnya.*

Sumber : Hidayatullah