OPINI

ARTIKEL

KHASANAH

MOZAIK

NASIONAL

INTERNATIONAL

.

.

Rabu, 06 Desember 2017

PKS: Jangan Jual Aset untuk Kepentingan Jangka Pendek

PKS: Jangan Jual Aset untuk Kepentingan Jangka Pendek

10Berita , Jakarta- Ketua Fraksi PKS, Jazuli Juwaini menegaskan bahwa pemerintah hendaknya berpikir strategis soal pengelolaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Yaitu semata-mata untuk kepentingan jangka panjang bagi rakyat dan negara.

“Maka jangan asal jual aset BUMN terlebih karena alasan-alasan jangka pendek. Hanya soal likuiditas, kebutuhan membiayai infrastruktur, bayar hutang yang jatuh tempo, atau sekadar cari untung sesaat,” ujarnya kepada Kiblat.net pada Rabu (06/12/2017).

Jazuli memperingatkan bahwa jika terjadi penjualan aset-aset BUMN, generasi mendatang akan kehilangan kewenangan pengelolaan atas sumber-sumber ekonomi yang strategis untuk kepentingan rakyat luas. “Nanti bagaimana nasib anak cucu kita ke depan yang akan memimpin di republik ini?

“Kita bukan anti asing, ini soal akuntabilitas dan keberpihakan pada aset strategis nasional yang pembiayaannya juga bersumber dari uang rakyat, maka harus jelas akuntabilitasnya,” tekan Jazuli.

Anggota Komisi I ini meminta agar pemerintah berhati-hati betul karena salah-salah aset BUMN yang dikuasai swasta asing justru merugikan negara. Akibat dari negara yang kehilangan kontrol kepemilikan dan pengelolaan.

“Kemudian rakyat dirugikan dan hanya bisa gigit jari seperti ‘penumpang angkot’ di negerinya sendiri,” tutupnya.

Reporter: Taufiq Ishaq
Editor: Syafi’i Iskandar

Sumber : Kiblat.