OPINI

ARTIKEL

KHASANAH

MOZAIK

NASIONAL

INTERNATIONAL

.

.

Minggu, 07 Januari 2018

Enam Negara Arab Galang Dunia Akui Yerusalem Timur Ibu Kota Palestina

Enam Negara Arab Galang Dunia Akui Yerusalem Timur Ibu Kota Palestina


Al-Quds (Yerusalem) ibu kota Palestina

10Berita, AMMAN  Enam negara Arab bertekad mengupayakan pengakuan internasional untuk negara Palestina yang beribu kota di di Al-Quds (Yerusalem) Timur.

Bertemu di Amman pada Sabtu 6 Januari 2018 kemarin, para menteri luar negeri Yordania, Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Mesir, Maroko dan Palestina juga menyatakan akan memastikan tidak ada negara yang mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Zionis “Israel”, lapor kantor berita Spanyol EFE seperti dikutip euronews.com.

Keputusan ini keluar tepat satu bulan setelah klaim sepihak Presiden Amerika Serikat Donald Trump yang memicu protes di Timur Tengah, dunia Islam dan para pemimpin Barat.

Sementara Liga Arab akan menggelar pertemuan lengkap para menteri luar negeri akhir bulan ini “untuk mengevaluasi hasil” kontak organisasi ini dengan komunitas dunia, terutama Rusia, Cina dan Uni Eropa.

Status Yerusalem yang menjadi tempat suci Islam, Kristen dan Yahudi, menjadi salah satu batu ganjalan terbesar untuk setiap upaya damai Palestina-“Israel”.

Penjajah Zionis “Israel” menganggap Yerusalem tak bisa dibagi-bagi, sebaliknya Palestina menginginkan bagian timur kota ini menjadi ibu kotanya. Bagian timur Yerusalem sendiri dirampas “Israel” menyusul Perang 1967.

Sumber: Antara, Salam Online.