OPINI

ARTIKEL

KHASANAH

MOZAIK

NASIONAL

INTERNATIONAL

.

.

Kamis, 25 Januari 2018

Galata Pangkalan Serbaguna Ottoman

Galata Pangkalan Serbaguna Ottoman

Ottoman revitalisasi industri kapalnya di masa teknologi uap ditemukan.

10Berita ,  JAKARTA -- Sejak 1515, aktivitas angkatan laut Ottoman dialihkan dari Gallipoli ke Istanbul yang membuat wilayah Galata akhirnya menjadi pangkalan pusat. Menurut buku catatan pangkalan itu dari tahun 1527-1528, ongkos operasional tahunan pangkalan Galata mencapai 1.662.377 koin emas.

Biaya itu meliputi gaji ( mevacibat) un tuk para pekerja galangan kapal seperti tukang kayu, pemotong ( parutiras), operator derek ( makaraci), dan pandai besi ( haddad). Biaya juga perlu dikeluarkan sebagai komisi bagi para makelar ( mu bayaat) yang mendatangkan berbagai ba han baku pembuatan kapal. Lalu ada upah ( icarat) bagi para pengrajin kapal yang bekerja di fase transportasi dan konstruksi.

Jumlah pengrajin kapal yang bekerja di galangan Galata mencapai 89 orang. Bila permintaan kapal meningkat, banyak pengrajin tambahan yang didatangkan dari wilayah lain. Tahun 1530 merupakan salah satu masa ketika produksi kapal mencapai puncaknya. Ketika itu ada 24 galley dibangun ulang dan delapan galley diperbaiki.

Pada 1585, produksi kapal meng alami perubahan. Ada 37 galley dibangun dan diperbaiki, begitu pula 23 kapal galley kecil yang disebut bastardas. Galang an Galata juga membangun dan mem perbaiki kapal lain untuk keperluan sipil seperti tongkang ( mavna), kapal kargo kecil (karamursel), serta kapal peng angkut batu dan kuda.

Permintaan kapal biasanya tergantung kebutuhan perang. Setelah kekalah an telak armada laut Ottoman di Lepanto tahun 1571 yang mengorbankan ratusan kapal galley, permintaan akan kapal perang menurun.

Namun, jeda pembuatan kapal pe rang ini dimanfaatkan Ottoman untuk merevitalisasi pangkalan kapal perang nya dengan menambah berbagai ba ngun an penunjang. Baru setelah Otto man be rencana melancarkan kampanye meng ambil alih Pulau Kreta dari Yunani (1645-166), produksi kapal digiatkan kembali.

Sampai ditemukannya teknologi pembangunan kapal uap di abad ke-19, ber bagai kapal bertenaga dayung dan layar dibangun di Galata. Di antaranya adalagh galley, kapal perang galley kecil, fregat, kalyata (galley kecil), dan tongkang. Ke mu dian kapal layar seperti kalyon (gal leon) yang berdek dua, burtun (kapal pe rang besar), barca (galley besar kla sik), dan agribar (kapal latar cepat bajak laut).

Sepanjang abad ke-17, sekitar 1.200 kapal dibangun dan diperbaiki di Istanbul. Sampai akhir abad ke-17, produksi kapal jenis galley mulai dihentikan. Ottoman kemudian memilih meningkatkan produksi kapal layar galleon yang jauh lebih besar untuk mengejar kemampuan armada laut Eropa yang sudah lebih dulu meninggalkan galley.

Sumber : Republika.co.id

Related Posts:

  • Ratusan Payung Canggih Naungi Jamaah di Nabawi Ratusan Payung Canggih Naungi Jamaah di Nabawi 10Berita, MADINAH -- Masjid Nabawi tak pernah melewati suatu masa tanpa ada bagian terasnya yang terbuka tak beratap. Pada zaman Rasulullah SAW, teras tersebut berada di bagian … Read More
  • Benteng Megah Bidar Benteng Megah Bidar 10Berita,  JAKARTA -- Selain Universitas Mahmud Gawan, Bidar juga dikaruniai warisan lain yang tak kalah menarik. Warisan itu adalah benteng megah yang dibangun Kesultanan Bahmani pada abad ke-1… Read More
  • Kejayaan Universitas Mahmud Gawan yang Meredup Kejayaan Universitas Mahmud Gawan yang Meredup 10Berita,  JAKARTA -- Dirancang dengan penuh ketelitian, kampus ini tampak sangat megah. Secara keseluruhan, Universitas Mahmud Gawan sarat dengan nuansa arsitektur I… Read More
  • Gaya Arsitektur Unik Masjid Agung Djenne Gaya Arsitektur Unik Masjid Agung Djenne 10Berita,  JAKARTA -- Saat mendengar kata "masjid", yang terlintas di dalam kepala sebagian besar orang mungkin adalah sebuah bangunan yang identik dengan kubah, berhiaskan… Read More
  • 3 Bukti Kejayaan Kesultanan Cirebon 3 Bukti Kejayaan Kesultanan Cirebon 10Berita,  JAKARTA -- Kesultanan Cirebon yang eksis pada abad ke-15 dan 16 M ini merupakan salah satu pemerintahan Islam yang kuat di Jawa Barat. Awal mula berdirinya daerah Cire… Read More