OPINI

ARTIKEL

KHASANAH

MOZAIK

NASIONAL

INTERNATIONAL

.

.

Rabu, 03 Januari 2018

Kepala Badan Siber Dilantik, #HoaxMembangun Jadi Trending Topic

Kepala Badan Siber Dilantik, #HoaxMembangun Jadi Trending Topic


Presiden Jokowi lantik Djoko Setiadi jadi Kepala BSSN (liputan6)

10Berita, Tagar #HoaxMembangun tiba-tiba menjadi trending topic pertama di jagat Twitter Indonesia. Mengapa muncul istilah itu? Rupanya berasal dari Kepala Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) Djoko Setiadi yang baru saja dilantik.

Usai dilantik Presiden Joko Widodo menjadi Kepala BSSN, Djoko Setiadi mengatakan bahwa ada hoax yang negatif, ada pula hoax yang positif. Hoax yang positif itulah yang diistilahkan dengan hoax membangun.

"Kalau hoax itu membangun, ya kita silakan saja, tapi jangan terlalu memproteslah, menjelek-jelekanlah, ujaran-ujaran yang tidak pantas, saya rasa bisa dikurangi," kata Djoko Setiadi di Istana Negara, Rabu (3/1/2018).

Ia menegaskan, penyebar hoax akan ditindak. Dimulai dari peringatan agar menghentikan aktifitas penyebaran hoax. Jika tidak berhenti, akan diambil tindakan.



Ribuan pengguna Twitter pun segera menggunakan tagar #HoaxMembangun. Beragam cuitan yang disuarakan dengan tagar tersebut. Ada yang menyindir pemerintah, ada pula yang menggunakannya untuk humor.

“Ekonomi meroket, harga-harga terjangkau, hukum berdiri tegak tanpa pandang bulu, pemerintah sukses membuat rakyat bahagia. #HoaxMembangun,” kata @cumarachel

Ekonomi meroket, harga-harga terjangkau, hukum berdiri tegak tanpa pandang bulu, pemerintah sukses membuat rakyat bahagia. #HoaxMembangun

— rachel maryam (@cumarachel) 3 Januari 2018


“Tidak ditemukannya bekas kabel telepon di jaman kerajaan Nusantara membuktikan bahwa telepon nirkabel sudah digunakan sejak dulu di Indonesia #HoaxMembangun,” kata @ko2w

“Aku besok mau diet #HoaxMembangun,” kata @AnnisAlkadiena [Ibnu K/]

Sumber : Tarbiyah.net