OPINI

ARTIKEL

KHASANAH

MOZAIK

NASIONAL

INTERNATIONAL

.

.

Jumat, 09 Februari 2018

Banjir Meikarta Jadi Sorotan Netizen

Banjir Meikarta Jadi Sorotan Netizen

10Berita  Banjir di kawasan proyek apartemen Meikarta, Cikarang, menjadi pembicaraan netizen. Sebuah video yang merekam situasi banjir di kawasan Meikarta pun viral di aplikasi pesan singkat dan media sosial.

Salah satu yang turut memposting adalah Letnan Jenderal TNI (Purn), Johannes Suryo Prabowo. Suryo mengunggah video tersebut di akun Instagramnya, @suryowibowo2011 dengan keterangan, “Ini benar di MEIKARTA #indonesia?”. Video tersebut mendapat ragam respons dari pengguna media sosial.

Video berdurasi 1 menit 11 detik yang diunggah tersebut merupakan bentuk kritik terhadap proyek Meikarta.

Suryo menyebut perizinan Meikarta saat ini diduga masih bermasalah, tetapi kegiatan pemasaran dan pembangunan sudah dilakukan.

“Dengan adanya video yang viral dari WhatsApp group tersebut, menunjukkan bahwa desain pembangunan secara makro tidak benar, dan lokasi pembangunannya di tanah subur yang banyak air,” ujar Suryo kepada CNNIndonesia.com, Kamis (8/2).

Direktur Informasi Publik Meikarta Danang Kemayan Jati mengatakan, banjir di kawasan Meikarta beberapa waktu lalu itu kini telah ditangani.

Danang mengatakan bahwa anomali cuaca saat ini sedang melanda dan menyebabkan banjir di berbagai daerah. Danang mengatakan, pihaknya kini telah melakukan penanganan dengan memperlebar jalur air dan memperbaiki aliran air yang tersumbat.

“Ini kan infrastrukturnya baru dikerjakan. Gorong-gorong dan lain-lain juga masih dikerjakan, jadi ya sempat banjir. Tapi sekarang sudah beres semua,” ujar Danang saat dikonfirmasi CNNIndonesia.com.

Sebelumnya diketahui bahwa Pemerintah Provinsi Jawa Barat telah meminta Grup Lippo selaku pengembang menghentikan penjualan Meikarta sebelum melengkapi izin pemerintah daerah. Pihak Meikarta sempat mengklaim baru mengantongi izin pembangunan dari 84 hektare dari rencana pengembangan 500 hektare.

Walaupun izin masih bermasalah, lembaga riset pemasaran Nielsen mencatat Meikarta menjadi merek dengan belanja iklan tertinggi sepanjang 2017 dengan total belanja iklan lebih dari Rp1,5 triliun.

Sumber :Ngelmu.co