OPINI

ARTIKEL

KHASANAH

MOZAIK

NASIONAL

INTERNATIONAL

.

.

Sabtu, 03 Februari 2018

Daftar Proyek Bandara dan Pelabuhan yang Akan Dijual ke Swasta

Daftar Proyek Bandara dan Pelabuhan yang Akan Dijual ke Swasta

10Berita, Menteri Koordinator bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan sebut Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan Bandara Silangit, Soekarno-Hatta (Soetta), Bangka Belitung dan Labuan Bajo, diserahkan ke swasta.

Hal tersebut pun dibenarkan oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. Menurutnya, apa yang dimaksudkan Pak Luhut adalah investasi terbuka untuk negara atau bisa dikerjasama dengan swasta.

“Seperti contoh tadi pagi saya kedatangan INSA. Mereka akan bikin konsorsium, untuk kerjasama dengan Pelindo I, II, III, IV, untuk kelola pelabuhan-pelabuhan. Dengan skema investasi Kerjasama antara Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU),” ujarnya, di Kementerian Perhubungan, Jakarta, Kamis (1/2/2018).

Dia melanjutkan, untuk Bandara Silangit nantinya juga bisa saja antara PT Angkasa Pura II (Persero) melakukan kerjasama dengan swasta. Dari informasinya pihak China, Korea dan India berencana masuk untuk investasi pada sektor industri di Bandara Silangit.

“Jadi bandara bisa lebih besar. Supaya turis dari luar gak usah ke Medan tapi langsung ke silangit,” ujarnya.

Begitu juga untuk Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) bisa juga dilakukan kerjasama dengan swasta. Hanya saja, lebih detail policy dan informasi ada di Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

“Tapi prioritas untuk bandara adalah di Kualanamu dan Mandalika. Untuk pelabuhan ada Kualatanjung, Makassar, Bitung, dan Jakarta (Priok),” tandasnya. [ozc]

Sumber : Dakwah Media