OPINI

ARTIKEL

KHASANAH

MOZAIK

NASIONAL

INTERNATIONAL

.

.

Kamis, 08 Februari 2018

Kajian Parenting Menyiapkan Anak Tangguh Zaman Now

Kajian Parenting Menyiapkan Anak Tangguh Zaman Now

10BeritaBogor  - Sejumlah orang tua dan wali murid Taman Kanak-kanak Islam Terpadu (TKIT) Nurul Islam Bogor mengikuti kajian parenting bersama psikolog Zulia Ilmawati S.psi, Selasa (6/2/2018).

Dalam kajiannya, Zulia menyampaikan pentingnya orang tua untuk senantiasa update terhadap informasi kekinian dalam menyikapi pesatnya perkembangan tekhnologi yang semakin canggih, gaya hidup yang kian berkembang, serta sarana dan prasarana kehidupan yang semakin berubah. "Hal itu berpengaruh amat besar terhadap anak-anak yang hidup di zaman ini", ungkapnya.

Menurutnya, pengaruh teknologi memberikan andil besar dalam perkembangan anak, hampir 80% anak-anak zaman sekarang fasih terhadap teknologi, bahkan di zaman ini anak usia dini sudah mulai diperkenalkan gadget, sehingga mempengaruhi kepribadian seorang anak. "Anak cenderung tidak fokus, bertindak tidak sabaran, bahkan ingin serba instan" ujarnya.

Kata Zulia, dampak gadget terhadap kualitas generasi saat ini atau biasa disebut remaja zaman now adalah menjadi asosial, terburu- buru dan tidak teliti, tidak tangguh dalam proses, gampang putus asa, techno junkies, konsumtif serta cenderung mengikuti pola perkembangan teknologi.

Oleh karena itu, Zulia menjelaskan bagaimana menyiapkan anak tangguh zaman now. Psikolog yang aktif mengisi parenting dibeberapa lembaga pendidikan dan senang menulis ini pun menjelaskan bahwa, yang  pertama adalah menanamkan keimanan pada anak sejak usia dini. Menurutnya penanaman keimanan yang kuat tidak hanya mendorong ketaatan kepada Allah SWT akan tetapi mendorong untuk berbuat baik dan beramal saleh. 

Kedua, beliau menjelaskan senantiasa membiasakan anak menjaga kesehatan fisik diusia dini seperti membiasakan menggosok gigi, makan makanan yang sehat, istirahat yang cukup dan gemar berolahraga seperti berenang, memanah dan berkuda seperti yang di contohkan Rasulullah Saw. "Sehingga akan terbentuk anak yang tidak hanya tangguh imannya tapi tangguh juga fisiknya" tandas Zulia.

rep: selvi

Sumber : SI Online