OPINI

ARTIKEL

KHASANAH

MOZAIK

NASIONAL

INTERNATIONAL

.

.

Rabu, 28 Februari 2018

Ulama Jakarta Dukung Anies Jadi Capres

Ulama Jakarta Dukung Anies Jadi Capres

10Berita, Jakarta  - Masyarakat di tingkat bawah atau grassroot (akar rumput) mulai menyuarakan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menjadi kandidat calon presiden.

Meski baru beberapa bulan ‘nangkring’ di kursi DKI 1, sosok Anies dianggap telah mumpuni untuk bertarung di Polres 2019 mendatang.

Harapan tersebut tersirat saat Anies berkunjung ke kawasan Srengseng, Kembangan, Jakarta Barat, Selasa (27/2/2018). Ulama setempat, Bukhari Yusuf menyampaikan harapannya tersebut langsung kepada Anies saat dipercaya mewakili warga memberi masukan kepada Anies. Melalui pantun, ia mendukung Anies untuk maju di Pilpres 2019.

"Cuaca cerah, tapi berawan. Angin sepoi menyapu ruangan. Hadir di tengah Anies Baswedan. Gubernur sekarang untuk presiden yang akan datang," kata salah satu tokoh warga sekaligus perwakilan ulama, Bukhori Yusuf yang disambut tepuk tangan hadirin.

Anies hadir di Srengseng untuk memberi sambutan acara Silaturahmi Akbar dan Serap Aspirasi Tokoh Masyarakat, Praktisi Pendidikan dan Civitas Sekolah Exiss ABATA.

Pantun tersebut menutup sambutan Bukhori. Dalam sambutannya, ia meminta Anies mengedepankan pendidikan karakter berbasis religi kepada pelajar di Jakarta Barat, khususnya kepada pelajar SMP.

Selain itu, Anies juga menerima puisi yang dibacakan seorang bocah perempuan kelas 5 SD bernama Paras Jelita. Puisi tersebut berisikan ungkapan simpati kepada Anies karena sering dikritik lantaran berusaha menata Jakarta.

"Sering kali engkau dibenci oleh orang, engkau hadapi dengan senyuman dan lapang dada," ucap Paras dalam penggalan puisinya.

"Kemacetan tak lagi menggurita. Pendidikan dapat dinikmati siapa saja. Jadikan Jakarta maju kotanya bahagia warganya," lanjutnya.

Anies mengatakan lawatannya ke Srengseng guna memenuhi janjinya semasa kampanye Pilgub DKI 2017 lalu. Saat itu dia berjanji akan kembali ke sana.

"Tadi dapat support puisi dari Paras Jelita. Ini menjadi tambahan semangat bahwa ada titipan amanah. Insya Allah kita tunaikan sebaik-baiknya dan mudah-mudahan bisa memberikan manfaat bagi warga," kata Anies.

Adapun nama Anies Baswedan memang disebut-sebut dalam berbagai lembaga survei sebagai salah satu calon potensial untuk maju dalam Pilpres 2019. Salah satunya survei Poltracking Indonesia, yang menyebut tingkat elektabilitas Prabowo Subianto dan Anies adalah 30,9 persen.

Nama Anies juga teratas dalam bursa calon wakil presiden 2019-2024 berdasarkan hasil survei Indo Barometer, akhir tahun 2017 lalu. Dua nama lainnya yakni Agus Harimurti Yudhoyono, dan Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.

Sumber : teropongsenayan