OPINI

ARTIKEL

KHASANAH

MOZAIK

NASIONAL

INTERNATIONAL

.

.

Senin, 19 Maret 2018

Aneh, PSI malah Salahkan FPI Demo Tempo Soal Karikatur Menghina Habib Rizieq

Aneh, PSI malah Salahkan FPI Demo Tempo Soal Karikatur Menghina Habib Rizieq


10Berita, Partai Solidaritas Indonesia (PSI) mengecam tindak intimidasi terhadap majalah Tempo yang dilakukan ratusan anggota kelompok Front Pembela Islam pada Jumat (16/3/2018) pekan lalu. Seperti diketahui, FPI memprotes pemuatan karikatur yang mereka persepsikan sebagai Habib Rizieq Shihab di Majalah Tempo.

Wakil Sekjen DPP PSI Danik Eka Rahmaningtiyas menyatakan bersyukur bahwa tindak intimidasi tersebut tidak sampai memakan korban fisik dan bangunan.

“Namun tetap saja aksi yang dilakukan FPI sama sekali tidak dapat dibenarkan dan membahayakan Indonesia,” katanya di Jakarta, Senin (19/3).

Danik menjelaskan, bahwa FPI berhak untuk menyatakan ketersinggungan dan kemarahannya, namun harus tetap dalam koridor-koridor hukum dan tidak mengancam Hak Asasi Manusia.

“FPI dan organisasi manapun di Indonesia tidak berhak mengambil alih hukum ke tangan mereka sendiri,” pungkasnya.

Ia merasa PSI perlu mengingatkan bahwa dalam UU Ormas 2013 (Pasal 59), dinyatakan bahwa ormas dilarang melakukan tindakan kekerasan, mengganggu ketenteraman dan ketertiban umum.

Selain itu juga lanjutnya, merusak fasilitas umum dan fasilitas sosial; dan/atau melakukan kegiatan yang menjadi tugas dan wewenang penegak hukum sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Sumber: islampos