OPINI

ARTIKEL

KHASANAH

MOZAIK

NASIONAL

INTERNATIONAL

.

.

Selasa, 20 Maret 2018

Di Olimpiade 2020 Tokyo, Jepang Jamin Makanan Halal bagi para Atlet Muslim

Di Olimpiade 2020 Tokyo, Jepang Jamin Makanan Halal bagi para Atlet Muslim

10BeritaJEPANG—Atlet Muslim yang berpartisipasi dalam Olimpiade 2020 di Tokyo tidak perlu cemas kesulitan mendapatkan makanan halal. Pasalnya Jepang akan siap menyediakan makanan halal berkat kesepakatan dengan Liga Muslim Dunia, Asharq Al-Awsat melaporkan pada Ahad (18/3/2018).

“Ada kerjasama penting antara MWL dan Jepang,” kata Dr. Mohammed Al-Issa, Sekretaris Jenderal Liga Muslim Dunia (MWL), ketika menandatangani sebuah kesepakatan dengan Ketua Asosiasi Halal Jepang (JHA), Seiji Sakata, untuk mengatur makanan halal di Jepang ketika gelaran olimpiade.

“Orang-orang Jepang memiliki tingkat koeksistensi yang tinggi, integrasi dan harmoni nasional yang merasuk ke semua agama, sekte, dan ras, jauh dari ekstremisme. Nilai dan etika sangat ditanamkan dalam masyarakat Jepang,” ungkap Al-Issa.

Dengan kesepakatan tersebut, memungkinkan MWL secara eksklusif bertanggung jawab untuk mengatur makanan halal di Jepang, termasuk selama Olimpiade 2020 mendatang di Tokyo.

Hal ini juga berarti bahwa MWL diizinkan untuk menerbitkan sertifikat halal; apakah ke komunitas Muslim di Jepang atau untuk ekspor pergi ke luar negeri, terutama ke negara-negara Muslim.

Selain itu, MWL juga bertugas mengawasi produk impor dan memastikan bahwa standar hukum dan prosedur kehalalan sebuah produk telah sesuai. []

SUMBER: ASHARQ AL AWSAT, ABOUTISLAM, Islampos.