OPINI

ARTIKEL

KHASANAH

MOZAIK

NASIONAL

INTERNATIONAL

.

.

Kamis, 29 Maret 2018

Gereja Berusia 100 Tahun Ini Berubah Menjadi Masjid

Gereja Berusia 100 Tahun Ini Berubah Menjadi Masjid

10Berita, Sebuah gereja yang telah berusia 100 tahun lamanya telah berubah menjadi masjid. Gereja itu dahulunya bernama Holy Trinity Church dan berlokasi di kota Syracuse, negara bagian New York, Amerika Serikat.

Gereja ini dibangun oleh para imigran Jerman dan Italia di awal abad ke-20. Bangunan gereja ini dijual karena terjadinya perubahan demografi penduduk yang cukup signifikan di wilayah tersebut.


Bangunan ini sebelumnya ditawar dengan harga 3 kali lebih tinggi untuk dijadikan sebuah bar. Namun pimpinan gereja menolak. Dia memilih menjualnya kepada komunitas Muslim walaupun dengan harga yang rendah. Katanya, agar Tuhan tetap disembah dan diibadahi di bangunan tersebut.

Tanda salib seberat lebih dari 270 kilogram itu kemudian dilepas dan diganti dengan simbol bulan sabit. Lukisan-lukisan gereja yang ada di dinding juga ditutup dan digambar ulang dengan dekorasi Islami. Bangku-bangku dikeluarkan dan lantainya ditutupi dengan karpet sajadah.

Bangunan itu pun berubah menjadi Masjid yang kemudian diberi nama Masjid Isa ibn Maryam atau Mosque of Jesus Son of Mary. Pada dindingnya dipasang kaligrafi Al-Qur’an surah Az-Zumar: 53.

“Wahai hamba-hamba-Ku yang melampaui batas terhadap diri mereka sendiri! Janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya Allah mengampuni dosa-dosa semuanya. Sungguh, Dialah Yang Maha Pengampun, Maha Penyayang”. (*/ls)

Sumber: Voice of America – VOA | syracuse.com