OPINI

ARTIKEL

KHASANAH

MOZAIK

NASIONAL

INTERNATIONAL

.

.

Sabtu, 31 Maret 2018

Lantaran Sejarahnya, Kota Prizren Dijuluki Kota ‘Seribu Museum’

Lantaran Sejarahnya, Kota Prizren Dijuluki Kota ‘Seribu Museum’

10Berita, KOTA Prizren merupakan kota bersejarah Muslim yang terletak di Kosovo. Kota ini merupakan peninggalan bersejarah budaya tersohor di negara ini dan senantiasa menjadi saksi perdamaian hidup dengan aneka ragam budaya dan kultur.

Kosovo memiliki posisi yang lebih sensitif dibandingkan dengan negara-negara lain di Eropa. Alasan utama untuk hal ini adalah kemerdekaan yang telah diproklamasikan oleh Kosovo pada tahun 2008 lalu. Dalam beberapa periode terakhir, para pemain politik dalam dan luar negeri yang lebih mementingkan kepentingan pribadi selalu membidik tradisi multikultural yang ada di Kosovo ini.

Salah satu pemain yang sangat berperan dalam sejarah kawasan ini adalah Martti Oiva Kalevi Ahtisaari, presiden Finlandia ke-10 dan peraih Hadiah Nobel Perdamaian serta diplomat PBB, yang berperan dalam proses perundingan Serbia-Kosovo dan menangani pertikaian internasional di Namibia, Indonesia, dan Iraq.

Baru-baru ini Ahtisaari melakukan sebuah keputusan tentang Prizren yang menuai aksi protes.

Dari sejak dahulu, Prizren dikenal memiliki nilai keagamaan, historis, dan kebudayaan yang tak tertandingi lantaran posisi geografis yang sangat strategis.

Lantaran bangunan bernilai peninggalan sejarah, Prizren dikenal sebagai kota “Seribu Museum”.

Setelah perusakan beberapa gereja pada tahun 2004 lalu, Ahtisaari terpaksa harus mengajukan program tersebut untuk mendukung gereja Ortodoks.

Setelah pengajuan program ini, ratusan warga Prizren yang mayoritas mereka berdarah Turki melancarkan protes. Pasalnya program ini sama saja dengan menyerahkan kontrol peninggalan-peninggalan bersejarah dari masa dinasti Utsmaniyyah kepada gereja Ortodoks. []

SUMBER: SHABESTAN, Islampos.