OPINI

ARTIKEL

KHASANAH

MOZAIK

NASIONAL

INTERNATIONAL

.

.

Senin, 05 Maret 2018

Umahat, Ini Manfaat Rahasia di Balik Pekerjaan Rumah Tangga (2)

Umahat, Ini Manfaat Rahasia di Balik Pekerjaan Rumah Tangga (2)

10Berita, ADA kabar gembira buat para umahat. Berikut ini manfaat lainnya dibalik pekerjaan rumah tangga berdasarkan penelitian yang diungkap secara ilmiah:

5. Menata lemari dapur – menurunkan berat badan

Sebuah penelitian terbaru menunjukkan bahwa kegiatan menata lemari dapur atau rumah bermanfaat untuk menghindarkanmu dari kelebihan berat badan atau obesitas.

Menurut Peter Walsh, penulis dari Cut the Clutter, rumah yang kacau akan membuat orang rentan stres. Dan salah satu dampaknya adalah mereka menjadi emotional eater dan membuat mereka berisiko tinggi untuk mengalami kegemukan.

6. Memotong rumput – memperbaiki suasana hati

Aroma dari rumput yang dipotong mampu membuat rileks. Hasilnya, orang yang melakukan pekerjaan memotong rumput ini pun jadi lebih bergembira.

7. Menanam bunga dan sayuran – penurunan depresi

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan di Norwegia, mereka yang didiagnosis dengan berbagai bentuk depresi diminta untuk menghabiskan waktu 6 jam seminggu untuk berkebun. Selama beberapa bulan terlihat peningkatan yang signifikan dalam perbaikan kondisi mental mereka.

“Terjadi pelepasan dan metabolisme hormon serotonin di beberapa bagian otak yang mengendalikan fungsi kognitif dan mood di dalam tubuh mereka yang berkebun. Sehingga kesehatan mental mereka pun meningkat,” ungkap Christopher Lowry, PhD, seorang profesor di University of Colorado, Boulder.

8. Membersihkan rumah dengan pasangan – kehidupan seks membaik

menurut penelitian dari University of Alberta, ditemukan bahwa pria yang berkontribusi pada pekerjaan rumah tangga ternyata lebih memuaskan di ranjang.

“Ketika pasangan tidak saling bekerja sama untuk melakukan pekerjaan rumah tangga, bisa muncul gesekan kecil yang berpengaruh terhadap kelangsungan rumah tangga,” terang penelitian ini. []

SUMBER: READER’S Digest, Islampos.