OPINI

ARTIKEL

KHASANAH

MOZAIK

NASIONAL

INTERNATIONAL

.

.

Senin, 05 Maret 2018

Umahat, Ini Manfaat Rahasia di Balik Pekerjaan Rumah Tangga (1)

Umahat, Ini Manfaat Rahasia di Balik Pekerjaan Rumah Tangga (1)

10Berita, SIAPAPUN pasti tahu ‘Kebersihan itu sebagian dari iman.’ Yang dimaksud disana meliputi semua hal, termasuk menjaga kesucian diri dan kebersihan lingkungan.

Nah, bagi para umahat yang bertanggung jawab dengan kebersihan rumah, ada kabar baik loh. Pekerjaan rumah yang dilakukan setiap hari oleh para umahat itu tak hanya berbuuah pahala, melainkan juga mengahsilkan manfaat yang bisa dirasakan langsung di dunia. Apa saja manfaatnya?

Berikut ini manfaat rahasia dibalik pekerjaan rumah para umahat berdasarkan penelitian yang diungkap secara ilmiah:

1. Cuci piring – mengurangi kecemasan

menurut penelitian dari departemen psikologi, Florida State University, tanpa disadari ternyata orang-orang yang mencuci piring dengan penuh perhatian (memusatkan perhatian pada aroma sabun, suhu air, dan menyentuh piring) mengalami penurunan kecemasan atau kegelisahan hingga 27%.

2. Membersihkan jendela – memperbaiki suasana hati

Sebuah penelitian yang dilakukan di Jepang tahun 2014 mengungkapkan bahwa mereka yang menghabiskan waktu sedikitnya 10 menit untuk membersihkan kaca menggunakan cairan pembersih beraroma jeruk, akan mengalami penurunan ketegangan, kecemasan, depresi, dan kebingungan secara signifikan.

3. Menata tempat tidur – meningkatkan produktivitas

dalam buku berjudul The Power of Habit dituliskan bahwa membersihkan dan menata tempat tidur berhubungan erat dengan peningkatan produktivitas dan keterampilan.

Selain itu dengan menata tempat tidur di pagi hari secara rutin, kkita juga bisa tidur lebih nyenyak di malam harinya.

4. Membersihkan halaman – menurunkan risiko serangan jantung

Mereka yang membersihkan halaman dan menyapu rumah berkurang risiko untuk terkena serangan kardiovaskular sebanyak 30% dibandingkan dengan mereka yang jarang membersihkan rumah. Sebab, pekerjaan ini menuntut tubuh untuk selalu bergerak. Dan, bermalas-malasan jadi awal meningkatnya serangan jantung atau stroke. []

SUMBER: READER’S Digest  Islampos.