OPINI

ARTIKEL

KHASANAH

MOZAIK

NASIONAL

INTERNATIONAL

.

.

Selasa, 24 April 2018

India, Vietnam dan Indonesia Bersiaplah Mendapat Sanksi AS karena Beli Senjata Rusia

India, Vietnam dan Indonesia Bersiaplah Mendapat Sanksi AS karena Beli Senjata Rusia

Ilustrasi. Sumber : imgflip.com

10Berita, Presiden AS pada tanggal 2 Agustus tahun lalu telah meneken undang-undang baru. Dengan undang-undang itu pemerintah AS dapat memberi sanksi kepada setiap negara yang bertransaksi di bidang pertahanan dengan Rusia.

Ilustrasi. Sumber : tempo.co

Tujuan undang-undang ini adalah untuk menggagalkan negara-negara yang ingin membeli senjata dari Rusia. Di Asia sendiri yang terancam sanksi dari AS adalah India yang sedang negosiasi S-400, Vietnam yang ingin terus membeli senjata dari Rusia, dan Indonesia yang telah tandatangan kontrak 11 unit jet tempur Su-35 dari Rusia.

Ilustrasi. Sumber : thedialogue.co

Sejauh ini India, Vietnam, dan Indonesia belum terlihat khawatir dengan sanksi AS tersebut. Yang khawatir justru muncul dari pejabat militer AS. Sebelumnya pada Jum’at (20/4), seorang perwira tinggi AL AS, Admiral Phil Davidson memperingatkan Pentagon agar tidak menjatuhkan sanksi kepada negara-negara di kawasan Asia.

Ilustrasi. Sumber : iunc.net

Alasan Davidson adalah sanksi itu hanya akan menjauhkan negara-negara Asia itu dari AS dan berakibat semakin dekatnya mereka dengan Rusia. Itu justru kontradiktif dengan tujuan sanksi AS yang bertujuan membuat negara-negara Asia menjauh dari Rusia.

Sumber : international.sindonews.com/read/1300361/40/beli-11-jet-su-35-rusia-indonesia-terancam-sanksi-as-1524546987